LAPTOP TIBA-TIBA MATI TIDAK BISA HIDUP

Siapa yang tidak kesal jika saat bekerja laptop tiba-tiba mati dan tidak bisa hidup? Apalagi jika saat itu, pekerjaan sedang menumpuk dan dikejar dead line. Langkah apa yang harus diambil? Apakah harus dibawa ke service center?

VTIGA akan membahas trik perbaikannya jika Laptop anda tiba-tiba mati dan tidak bisa hidup lagi. Simak ulasannya..

Baca juga : https://vtiga.com/2017/03/laptop-mati-total-tapi-lampu-indikator-menyala/

Apa yang menyebabkan laptop tiba-tiba mati? Tentu banyak sekali penyebabnya, namun pada umumnya penyebabnya bukan hal-hal yang rumit. Masalah yang paling umum adalah karena laptop mengalami overheat (suhu rangkaian laptop diatas batas yang diperbolehkan). Saat terjadi overheat, rangkaian proteksi akan bekerja, lalu memutus aliran listrik ke IC-IC utama. Selanjutnya laptop pasti akan mendadak mati. Apa ciri-cirinya? Biasanya bisa dirasakan oleh tangan kalau laptop memang terasa panas, tidak seperti normalnya. Jika ini yang terjadi, kita harus menunggu sampai suhu agak mendingin dan yang terpenting, membersihkan kipas dan heatsink yang berfungsi menurunkan suhu CPU utama. Jika ini tidak dilakukan, tunggu saja waktunya, saat CPU laptop benar-benar menjadi rusak.

Silahkan lihat link berikut untuk membersihkan dan mengganti kipas laptop : https://www.youtube.com/watch?v=QhK_pQNBWIY

Laptop yang tiba-tiba mati bisa juga disebabkan karena batere yang drop tiba-tiba disertai dengan charger yang bermasalah. Maka itu, kita harus mencoba menggunakan charger lain yang bisa dipastikan baik kondisinya.