KENAPA HP SAMSUNG TIBA-TIBA MATI

Saat ini banyak sekali pilihan bagi masyarakat untuk membeli smartphone baru. Mulai dari yang harganya murah, sampai yang belasan juta rupiah berjajar rapi di rak-rak toko. Tentu bagi yang mencari kualitas, pasti mereka harus merogoh kantong lebih dalam. Samsung umumnya jadi pilihan bagi mereka. Membeli dengan harga yang tinggi, pasti membuat ekspetasi menjadi tinggi. Harapannya tentu ponsel jauh dari masalah, dan cepat dalam bekerja.

Namun, nyatanya tetap ada saja HP Samsung yang rusak. Mulai dari masalah kecil sampai yang berat. Seorang murid pernah membawa sebuah HP Samsung miliknya yang tiba-tiba mati. Sang pemilik jelas bertanya-tanya, kenapa HP Samsung saya tiba-tiba mati. Untuk menjawab pertanyaan ini, VTIGA Kursus HP dan Laptop akan menguraikannya secara detail di artikel ini.

Untuk menjawab pertanyaan “ Kenapa HP Samsung tiba-tiba mati “ kita perlu memahami bagaimana proses sebuah ponsel menyala dari kondisi off. Pada saat ponsel masuk dalam kondisi off (mati), kita boleh menganggap Processor dalam ponsel belum bekerja. Juga semua IC yang lain, belum ada yang bekerja. Jika kita menilik besarnya pemakaian arus dalam kondisi ini, akan kita dapati besarnya sama dengan 0 Ampere. Baru ada 1 rangkaian yang sudah bekerja, yaitu rangkaian on-off. Rangkaian ini mendeteksi apakah saklar on-off ditekan. Jika saklar ditekan, maka rangkaian ini akan memerintahkan IC Power untuk segera bekerja (ditandai dengan naiknya pemakaian arus listrik). Setelah itu kemudian CPU dan memory baru bekerja kemudian. Jika ada salah satu IC atau rangkaian yang disebutkan di atas tidak bekerja, tentu saja HP akan mati.

Jangan terlalu kaget dulu, seringkali  permasalahan HP Samsung yang tiba-tiba mati, tidak selalu disebabkan oleh IC atau rangkaian yang rusak. Malahan lebih sering disebabkan oleh hal-hal kecil yang terlihat sepele namun menentukan nyala matinya HP. Apa saja itu?