HP TIDAK BISA DI-CHARGE DALAM KEADAAN MATI

Permasalahan HP tidak bisa di-charge seringkali dijumpai. Tentu ini sangat mengganggu aktivitas pengguna. Bagaimana tidak, semua hal sekarang ini bisa dilakukan serta diakses lewat HP. Dengan semakin banyaknya aplikasi yang dibuat saat ini, entah itu Facebook, Youtube atau Gojek dan lain-lain, semuanya membuat kerja CPU semakin berat. Ketika CPU dan IC-IC lain dipaksa untuk bekerja ekstra, maka konsumsi listrik — dalam hal ini baterai sebagai sumbernya—akan meningkat pesat. Sudah pasti, baterai ponsel akan cepat habis jika sudah seperti ini. Repotnya setelah baterai dipakai sampai habis (tentu saja ponsel akan mati) muncul satu permasalahan baru, HP tidak bisa di-charge dalam keadaan mati habis baterai. Bagaimana solusinya?

Pada dasarnya semua ponsel jika baterainya habis total, akan mati. Dalam kondisi mati ini, kita tinggal menghubungkan ponsel ke charger, lalu baterai akan terisi lagi. Namun seringkali ada beberapa kasus, ketika baterai habis, ponsel malah tidak mau diisi, alhasil, ponsel jadi mati total. Jika ini yang terjadi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

  1. Gunakan charger original

Untuk banyak kasus, proses pengisian berjalan sangat lambat karena spesifikasi charger tidak cocok dengan ponsel. Ini bisa terjadi jika charger yang digunakan bukan yang original.  Ketika ponsel mati yang kehabisan baterai di-charge, proses tidak berlangsung. Jika menggunakan charger original tidak juga menyelesaikan masalah, lanjut ke langkah berikutnya

Figure 1 charger original sesuai dengan tipe ponsel