HP HIDUP TETAPI LAYAR MATI

Layar memiliki fungsi yang sangat penting di ponsel. Selain berfungsi untuk menampilkan gambar, saat ini, layar pada ponsel bisa merespon sentuhan. Untuk bisa merespon sentuhan, pada layar dipasang lagi modul Touchscreen. Kedua komponen ini memang mudah sekali rusak, karena terbuat dari kristal yang mudah pecah. Jika terkena benturan keras, pasti rusak.

Dari banyak jenis kerusakan yang bisa terjadi pada HP, kerusakan layar adalah kerusakan yang paling sering dialami. Perlu dipahami juga, saat hanya layar yang bermasalah, sebenarnya HP masih bisa hidup, bahkan HP masih dapat menerima panggilan telepon. Tapi tentu saja, pemakainya akan terganggu karena tidak bisa melihat apa-apa di LCD atau layarnya.

Pada kesempatan kali ini VTIGA kursus service HP akan membahas bagaimana menangani kasus HP hidup tetapi layar mati.

Saat mendapati sebuah HP yang layarnya mati, kita harus memastikan kalau HP masih hidup. Jangan sampai setelah kita membeli LCD atau layarnya, HP ternyata tidak hidup alias mati total. Cara yang termudah memastikan bahwa mesin HP masih normal adalah dengan mencoba menelpon HP yang layarnya mati tersebut. Atau bisa juga dengan mencoba menyambungkan ponsel ke PC, apakah HP masih bisa berkomunikasi dengan PC. Jika ponsel ternyata tidak hidup, proses perbaikan LCD tidak perlu dilanjutkan.

Apabila ponsel terbukti masih menyala, barulah kita perbaiki masalah layarnya. Proses perbaikan layar, pada umumnya bisa diselesaikan dengan mengganti  modul LCD. Seperti pada contoh berikut ini, sebuah HP Samsung Galaxy A9 yang layarnya mati. Sewaktu ditelpon, HP tersebut masih bisa menerima panggilan. Dugaan sementara, modul LCD bermasalah. Oleh karena itu , layar HP diganti yang baru. Proses mengganti LCD sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan kita tahu trik membuka casing dan LCD-nya, dan melakukannya dengan teliti. Bagaimana proses detailnya :

Baca juga Redmi note mati : http://vtiga.com/2017/09/redmi-note-mati/

Baca juga Kamera belakang iphone 5 bermasalah : http://vtiga.com/2017/09/kamera-belakang-iphone-5-bermasalah/

Sebagai langkah awal,  lepaskan dudukan SIM card serta dudukan memory eksternal.