CARA SOFTWARE HP

Begitu canggihnya perkembangan smartphone di dunia saat ini, banyak ditentukan oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dalam rupa sistem operasi. Jika dulu kita mengenal Symbian sebagai software HP yang banyak dipakai oleh ponsel Nokia, sekarang ini kita terkagum-kagum dengan Android dan IOS yang begitu memudahkan penggunanya. Begitu hebatnya Android dan IOS ini, fungsi dari ponsel sekarang ini tidak hanya untuk menelpon dan SMS saja. Sekarang, dengan sebuah HP, kita bisa melakukan apa saja, mulai dari memesan makanan, sampai mencari alamat dan masih banyak lagi dengan  mudah.

Kemajuan yang ada pada software HP ini, ternyata tidak membuatnya kebal terhadap kerusakan. Malah, nyatanya semakin banyak bug atau kekurangan pada software HP yang ada saat ini. Sehingga jika kita mendengar Software HP rusak, ini sudah merupakan hal yang biasa. Perbaikannya pun ternyata banyak caranya, tergantung pada jenis kerusakannya.

Pada artikel ini VTIGA Kursus Service HP henda membahas cara memperbaiki kerusakan software pada smartphone.

Ada beberapa jenis penggolongan dalam kerusakan software:

  • Ponsel terkunci.
  • Ponsel tidak bisa masuk jaringan karena IMEI rusak (tidak ada signal)
  • HP hang, bootloop (hanya tampil merk HP saja lalu restart secara terus menerus tanpa putus)
  • HP mati total

 

PONSEL TERKUNCI

Figure 1 HP terkunci

Sebenarnya tidak termasuk salah satu kerusakan software HP, namun jika ternyata si pemilik ponsel sendiri lupa akan passwordnya, mau tak mau, software ponsel harus diutak-atik sehingga kuncian tersebut lepas. Jika tidak, HP tidak akan bisa dipakai sama sekali.

Secara umum ketika kita menghadapi masalah ponsel terkunci, pemecahannya adalah dengan mereset HP ke kondisi awal (restore factory setting). Dengan melakukan hal ini, kunci HP akan hilang, namun data-data penting dalam HP secara otomatis akan terhapus juga. Beberapa link berikut adalah cara melakukan reset pada berbagai macam ponsel.