Cara Mengatasi Laptop Acer Mati Total

Laptop atau notebook sudah menjadi teman dalam kerja banyak orang. Banyak orang memilihnya karena mobilitas yang tinggi memang membutuhkan sebuah laptop. Tapi itulah justru penyebab laptop lebih gampang rusak dibanding komputer pc yang hanya ditaruh di atas sebuah meja saja. Banyak masalah timbul pada laptop kesayangan kita. Salah satunya adalah mati total.

LAPTOP TIBA-TIBA MATI TIDAK BISA HIDUP

Bagaimana cara mengatasinya? Apakah sulit? Biayanya berapa? Dan bagaimana cara mengatasi laptop acer mati total? Yuk, VTiga kursus perbaikan laptop dan smartphone kali ini akan membahas bagaimana cara dan triknya. Yang dicontohkan kali ini adalah sebuah laptop acer bertibe acer one 14 yang mati total.

Dalam hal ini yang dimaksud mati total yaitu ketika charger dipasang :

  1. Indikator lampu tidak ada
  2. Ketika saklar ditekan, tidak ada reaksi apapun

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu cek kondisi arus dengan menggunakan power supply, caranya :

  1. Beri tegangan sesuai dengan output adapter
  2. Ukur kondisi arus sebelum saklar ditekan
  3. Ukur kondisi arus setelah saklar ditekan

Saat arus diukur sebelum saklar ditekan ternyata ada yaitu sekitar 20 mA. Hal ini menunjukkan bahwa rangkaian standby sudah bekerja baik tetapi IC chipset utama seperti EC, Southbridge, Northbridge, VGA, Processor belum bekerja.

Selanjutnya diukurlah dan diperiksa rangkaian pendukung serta rangkaian on yang berhubungan dengan mati total. Dan disimpulkanlah masalah ada disekitar IC EC. Ingat saklar on/off berhubungan dengan IC EC, maka :