CARA MENGATASI HARDISK TIDAK TERBACA

Hardisk sangat penting fungsinya dalam sebuah laptop. Sebagai media penyimpanan, banyak sekali yang dapat disimpan oleh piranti yang satu ini. Semua data yang tersimpan, baik itu foto, video, dokumen penting, berikut system operasi laptop pasti disimpan di dalam sebuah hardisk. Laptop tanpa hardisk, tidak bisa berfungsi apa-apa. Memang masih bisa menyala tapi tidak akan bisa masuk ke Windows atau system operasi yang umum.

Baca juga Laptop mati sendiri ketika dihidupkan : http://vtiga.com/2017/09/laptop-mati-sendiri-ketika-dihidupkan/

Baca juga Penyebab laptop mati  : http://vtiga.com/2017/09/penyebab-laptop-mati/

Yang menjadi masalah, hardisk ternyata rawan rusak. sangat rentan terhadap benturan fisik dan kejutan listrik. Bahkan hanya karena laptop tidak dimatikan menurut prosedur, misalkan sumber listrik dicabut tiba-tiba, bisa berakibat bad sector (area hardisk rusak). jika sudah tidak terbaca (tidak terdeteksi) oleh CPU, hardisk harus diganti.

Bagaimana jika setelah kita ganti dengan yang baru, hardisk tetap tidak terbaca? Tentu kerusakannya bukan lagi pada hardisknya, kita harus menganalisa seluruh rangkaian pada laptop. Bagaimana caranya? Pada kesempatan kali ini VTIGA kursus perbaikan laptop akan membahas cara mengatasi hardisk yang tidak terbaca.

Bahan   : Netbook Axioo Pico Model M1110/PJM

Kasus    : Hardisk tidak terbaca

Jika mengalami masalah seperti ini pada laptop/netbook anda, maka hal yang perlu dilakukan yaitu:

  1. Coba ganti dengan hardisk yang normal.
  2. Cek/bersihkan konektor hardisk
  3. Ukur tegangan yang ada pada konektor hardisk

Setelah dilakukan pergantian, ternyata kondisi netbook tetap sama ( lihat gambar 1 )