ASUS ZENFONE 5 TIDAK BISA HIDUP

Penjualan ASUS Zenfone 5 tergolong laris di tanah air. Mengusung spesifikasi yang lumayan tinggi dan harga terjangkau banyak kalangan, ponsel ini disambut hangat oleh masyarakat Indonesia. Performa dan ketahanan ponsel ini tergolong baik, dan bisa dikategorikan sebagai ponsel yang kuat. Namun demikian, karena salah pemakaian, bisa saja timbul berbagai banyak masalah di ponsel ini. Apalagi jika pemakainya tergolong kasar atau tidak apik. Tentu, paling ditakuti jika ASUS Zenfone 5 kesayangan tidak bisa hidup. Jika seperti ini masalahnya, bagaimana langkah perbaikannya?

Pada kesempatan kali ini, VTIGA Kursus Service HP akan membahas cara menangani ASUS ZENFONE 5 yang tidak bisa hidup.

PERIKSA BATERAI

Apa yang harus kita lakukan saat menemukan ponsel kesayangan anda tidak bisa hidup? Yang pasti kita memulai analisanya dari yang simpel dahulu, setelah itu baru lanjut ke bagian yang berat. Tidak salah jika kita mencurigai permasalahan di baterai dan koneksinya. Ingat saat baterai kosong, ponsel juga tidak bisa diaktifkan. Sebagai tambahan, jika rangkaian charger bekerja kurang baik, saat baterai kosong total, proses pengisian baterai malah tidak bisa berlangsung. Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar kita melepas baterai, lalu mengisinya dengan menggunakan desktop charger.

ISI ULANG SOFTWARE

Dibanding kerusakan di bagian hardware, kerusakan di bagian software tentu lebih mudah dilakukan. Oleh karena itu, ASUS Zenfone 5 yang tidak bisa hidup, kita coba periksa dengan menggunakan PC. Sambungkan ke PC menggunakan kabel data USB. Jika bisa terkoneksi, lanjutkan ke proses flashing, alias isi ulang software HP yang tidak bisa hidup tadi.

Sebagai referensi, silahkan simak artikel berikut ;  https://vtiga.com/2017/01/mengatasi-masalah-asus-zenfone-5-a500cg-softbrick/

CEK HARDWARE

Apabila proses perbaikan software gagal terlaksana (CPU tidak bisa terkoneksi dengan HP), kita harus memeriksa bagian hardware-nya. Dalam proses mengecek hardware, kita sangat membutuhkan informasi tentang berapa besar arus listrik yang masuk ke dalam ponsel yang hendak kita analisa. Dari data besar arus, kita bisa mengetahui langkah apa yang harus kita lakukan dan bagian mana yang rusak.

Seperti pada kasus Zenfone 5 yang mati total. Sering kali kita mendapati bahwa besar arus yang masuk adalah 0 mili Ampere alias tidak ada arus sama sekali. Jika ini yang terjadi, kita bisa pastikan bahwa IC Power tidak bekerja. Langkah yang kita lakukan adalah memastikan jalur baterai dan saklarnya, sebelum memvonis IC Power rusak. Bagaimana  langkahnya?