TRIK PERBAIKAN MATI TOTAL SAMSUNG GALAXY S7 EDGE

 Walau terbilang baru, jumlah ponsel Samsung Galaxy 7 Edge yang beredar terbilang banyak. Trend ini juga berlaku di tanah air, tak sedikit dari para pecinta Samsung kelas menengah atas yang merelakan uang yang tidak sedikit untuk memiliki ponsel canggih ini. Didesain dengan indah dan didukung dengan prosesor yang tercepat saat kemunculannya, terlihat sekilas ponsel ini dirancang begitu apik. Tapi, data di lapangan mengatakan hal yang sedikit berbeda, ternyata cukup banyak pula ponsel S7 Edge yang rusak. Memang penyebab kerusakannya bervariasi sekali, dan tidak sedikit yang dipicu oleh kesalahan pemakaian, seperti jatuh, terkontaminasi kotoran dll.

Dalam perbaikan sebuah smartphone, mau tidak mau kita harus memiliki dasar yang cukup untuk menganalisa pelbagai macam variasi kerusakan. Kemampuan ini sangat bisa dipelajari, asalkan diiringi dengan semangat pantang menyerah dan dibimbing oleh guru yang berkualitas. VTIGA Kursus teknisi HP dan laptop sudah lebih dari 18 tahun mengajar siswanya memperbaiki ponsel.

Dalam sebuah sesi pelajaran studi kasus, siswa diperbolehkan untuk membawa kasus kerusakan ponsel untuk diperbaiki bersama-sama dengan gurunya langsung. Pernah satu kali, seorang murid membawa sebuah ponsel Samsung Galaxy S7 Edge yang mati total . Lalu ia berharap bisa diperbaiki di sesi studi kasus. Bagaimana cara perbaikannya?

Saat menerima sebuah ponsel yang mati total, ada beberapa hal yang perlu diperiksa. Diantaranya adalah; bisakah ponsel tersebut dideteksi oleh PC, berapa besar konsumsi arus listrik ponsel tersebut? Dan yang lainnya lagi.

Khusus mengenai besar konsumsi arus listrik, kita membutuhkan sebuah DC power supply yang didalamnya sudah terpasang Ampere meter. Dan kita boleh menimbang, mana dulu yang hendak kita lakukan, periksa dengan PC (menghubungkan smartphone ke PC) atau memeriksa berapa besar arus listrik yang masuk (menghubungkan ponsel dengan power supply). Perlu diingat, untuk mengukur arus listrik ponsel, kita perlu melepas baterenya, lalu menggantinya dengan DC power supply.