Perbaikan Laptop HP Mati Total

Memperbaiki sebuah Laptop yang mati total tidak sesulit yang dikira banyak orang. Walaupun benar, jenisnya sangat banyak dan banyak sekali merk yang beredar, namun prinsip dasar perbaikannya tidak terlalu jauh berbeda. Yang utama, seorang teknisi wajib dibekali dengan pengetahuan untuk menganalisa kerusakan, tahu cara membaca diagram skema dan memiliki keterampilan untuk membongkar serta memasang casing serta komponen yang ada di dalam Laptop.

Seperti sebuah kasus kerusakan sebuah laptop yang dibawa oleh salah seorang murid kursus. Memang di VTIGA Kursus Perbaikan HP dan Laptop, para murid dianjurkan untuk membawa kasus kerusakan, sehingga bisa mendapat pelajaran langsung dan mencoba langsung memperbaiki bahan yang sesungguhnya. Laptop yang dibawa oleh si murid tersebut adalah merk HP Mini 210-1000. Laptop ini memang dalam kondisi mati ketika dibawa. Bagaimana cara perbaikannya? Simak langkah-langkahnya secara detail di sini.

Penyebab kerusakan sebuah Laptop yang mati total, sangat bervariasi.  Bisa saja karena hal kecil seperti, masalah konektor charger atau konektor batere, sampai ke masalah yang rumit seperti Chipset, atau Processor yang rusak. Untuk lebih jelasnya,  kita kembali ke kasus yang dibawa si murid tadi,

Pada laptop HP Mini 210-1000, mati total. jika dipasang adapter maka lampu disamping konektor adapter harus hidup. Jika lampu tersebut mati berarti ada kerusakan yang terjadi pada laptop tersebut dan laptop jadi mati.

Beberapa penyebab lampu adapter jadi mati adalah adapter yang rusak, tegangan 3V dan 5V tidak ada, korslet, BIOS yang korup/rusak dan sebagainya.

Karena yang yang rusak bukan pada adapter maka laptop tersebut harus dibongkar.

Pertama lepaskan baterai dari laptop

Buka casing belakang

Lepaskan HDD

Lepaskan baut casing, modul WiFi dan RAM

Lepaskan keyboard

Lepaskan fleksibel keyboard dan mousepad

Lepaskan baut

 

 

Lepaskan baut dan fleksibel LCD

Keluarkan mainboard

Ukur tegangan output separator di PQ32 kaki Source(S)

Setelah diukur dikaki Source PQ32 ada tegangan = 19V. Selanjutnya ukur tegangan 3V di PL1002 dan 5V di PL1003

Setelah diukur ada tegangan di kedua lilitan tersebut. Lalu ukur lagi di beberapa tempat, disimpulkanlah IC BIOS harus diprogram ulang.

Lepaskan IC BIOS dan program ulang

Setelah selesai diprogram, lampu adapter menyala dan laptop hidup normal.

 

Ingin memperdalam trik perbaikan laptop? Ingin mendapatkan uang dari perbaikan laptop? Tahukah anda bahwa biaya perbaikan laptop masih mencekik leher? Mari kuasai skill perbaikan laptop dengan belajar langsung di VTiga kursus perbaikan laptop. Hubungi kami sekarang juga !