PENYEBAB HP MATI TOTAL

Sebagai piranti yang paling banyak menyita waktu, ponsel pada umumnya selalu dibawa-bawa oleh sang empunya. Apabila terjadi kerusakan pada alat komunikasi ini, sudah pasti sangat mengganggu. Apalagi jika sampai mati total, mau tak mau ponsel diperbaiki. Sebagai pengguna smartphone, kita perlu juga tahu, apa sih yang bisa menyebabkannya jadi rusak? Dengan begitu, kita bisa menghindarinya. Pada kali ini VTIGA Kursus Teknisi HP dan Laptop akan membahas penyebab-penyebab yang mengakibatkan HP jadi mati total, dan sekaligus tips perbaikannya.

Secara umum penyebab kerusakan dari HP mati total bisa kita bagi menjadi 2 golongan, yaitu kerusakan di bagian hardware-nya dan kerusakan di bagian Software.

Penyebab paling umum dari kerusakan hardware :

  1. Baterai ponsel habis. Terlihat sangat remeh. Namun terkadang karena lalai mengisi batere, ponsel tidak bisa menyala lagi walau kita sudah mencoba mengisi baterenya. Memang, saat batere ponsel sudah dibawah batas tertentu, ponsel tidak bisa dinyalakan kembali, repotnya jika rangkaian pengisian batere tidak bekerja secara sempurna, batere yang habis tadi tidak bisa diisi. Bagaimana tips perbaikannya? Cukup lepaskan batere dan lakukan pengisian dengan desktop Namun untuk ponsel yang menggunakan batere tanam, mau tidak mau casing ponsel harus dibuka.

Figure 1 Desktop Charger