HP NYALA TAPI LAYAR MATI

Begitu banyak fungsi dari HP yang saat ini begitu banya membantu kehidupan kita, mulai dari ojek online, beli barang-barang online dan lain sebagainya. Tak heran jika  kerusakan HP tentu sangat mengganggu aktivitas kita. Apalagi jika HP kesayangan sampai jadi mati total.

Tunggu dulu, tidak semua kerusakan mati total, mesin HP tidak bisa bekerja sama sekali. Seringkali, walau kelihatannya hp mati, ternyata mesin masih bekerja dengan baik. Kok bisa? Pada umumnya, para pengguna smartphone, menilai HP nyala atau mati dari apa yang terlihat di layar. Apabila layar sudah tidak ada gambar sama sekali, hp dianggap sudah mati. Tentu saja, kejadian yang sesungguhnya tidak bisa dipatok dari hal itu. Banyak terjadi, HP sebenarnya nyala tapi layarnya saja yang mati.

Cara perbaikan HP yang mati total dengan kerusakan HP nyala tapi layarnya saja yang mati, jelas berbeda. Ongkos perbaikannya pun lebih mahal jika kerusakannya mati total. Pada kesempatan kali ini VTIGA hendak membahas cara perbaikan kerusakan HP nyala tapi layar mati.

Tahap awal yang harus kita lakukan sewaktu layar ponsel mati atau tidak ada gambar sama sekali, adalah memastikan bahwa hp masih nyala. Kita boleh mencoba menghubungi HP yang layarnya mati tersebut dari ponsel yang lain, jika hp masih bisa dihubungi, artinya mesin HP tidak bermasalah sama sekali. Bisa juga kita hubungkan ponsel ke PC via kabel data USB. Apabila kita masih bisa mengambil data dari ponsel, kita simpulkan HP masih aktif. Kalau kedua cara di atas gagal terlaksana, kesimpulannya ponsel memang sudah mati total.

Figure 1 hubungkan PC dengan HP menggunakan USB data kabel