HP ASUS MATI TOTAL

Sebagai salah satu pendatang baru di dunia ponsel, ASUS termasuk berhasil menyedot perhatian banyak orang. Jumlah penjualannya pun terbilang baik. Apalagi setelah seri Zenfone diluncurkan, pemakai ponsel ASUS naik pesat. Fenomena ini juga berlangsung di tanah air. Harga  yang ditawarkan oleh ASUS tergolong murah, untuk spesifikasi ponsel yang dijualnya.

Bagi rekan-rekan teknisi, tentu tidak asing lagi, jika ada servisan yang masuk adalah ponsel bermerk ASUS. Berhubung masih sedikit informasi yang bisa didapat dari ponsel ini, sering sekali yang mengeluh mengenai cara perbaikan ponsel seri ASUS Zenfone . Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini VTIGA Kursus perbaikan HP dan Laptop, akan membahas cara perbaikan hp ASUS yang mati total, tipe yang dipilih adalah ASUS Zenfone 5.

Yang kita harus lakukan saat mendapati kasus HP ASUS Zenfone 5 mati total adalah mencoba mengisi ulang baterenya. Seringkali HP mati total disebabkan hal sepele seperti batere habis dan permasalahan kecil lainnya, simak artikel mengenai penyebab kerusakan ringan HP mati total di sini :

Bisa saja permasalahan hanya di bagian saklar on-off saja. Ciri-cirinya seperti ini, saat di-charge, proses pengisian berlangsung baik, layar LCD menampilkan prosesnya. Tapi, saat saklar on-off ditekan, tidak ada sesuatu yang terjadi, HP tidak mau menyala. Untuk menangani masalah ini, saklar on-off perlu diganti. Namun dari pengalaman, seringkali hal ini disebabkan karena jalurnya putus. Jika memang sudah putus, bagaimana cara menyambungnya?

Casing ponsel harus dilepas. Lalu lihat gambar di bawah

Figure 1 gambar PCB ASUS Zenfone 5

Perhatikan gambar yang dilingkari, di situlah jalur saklar on-off. Gambar di bawah ini lebih jelas memperlihatkan jalur yang harus disambung. Perhatikan garis merah yang menghubungkan antara konektor tempat fleksibel kabel saklar on-off dengan mainboard. Pastikan jalur tersebut baik adanya, jika putus, sambunglah segera.

Figure 2 Jalur On-Off