Ciri Ciri IC eMMC Rusak

Kerusakan android sering diidentikkan dengan kerusakan ic emmc. Gejala gejala seperti android yang bootloop, mati total, suka restart, sampai mati total adalah gejalanya dari kerusakan IC emmc yang susak. Namun bagaimana cara kita sebagai teknisi memastikan bahwa gejala tersebut memang dikarenakan oleh IC emmc yang rusak ? Nah VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop akan berbagi apa ciri ciri IC eMMC rusak itu? Serta bagaimana kita memastikannya?

Sekilas tentang eMMC lihat di http://vtiga.com/2016/11/emmc-embedded-multi-media-controller/

Salah satu cara untuk memasitikan IC emmc rusak adalah dengan menggunakan SP Flash tools. SP Flash Tools adalah software flasher yang digunakan untuk melakukan flashing pada perangkat yang menggunakan chipset Mediatek. Untuk perangkat dengan chipset ini sangat mudah untuk dilakukan modifikasi pada sector firmware, namun terkadang hal ini menyebabkan crash pada system.

Solusi eMMC Rusak lihat di http://vtiga.com/2017/09/solusi-emmc-rusak/

Kali ini kita contohkan dengan satu kasus Oppo Joy yang dalam kondisi getar saja, layar blank dan USB tidak terdeteksi PC.  Kalaupun terdeteksi, terkadang agak error. Akhirnya coba kita lakukan langkah pertama yaitu dengan melakukan flashing. Kita gunakan SPFT ver 3.