CARA MENGHIDUPKAN LAPTOP

Di abad ke 21 ini, tren peralihan dari PC ke Laptop semakin jelas terlihat. Selain praktis dan mudah dibawa-bawa, seiring dengan kemajuan teknologi, baterai Laptop masa kini bisa bertahan sampai 10 jam tanpa harus dicas. Untuk alasan inilah kebutuhan akan laptop akan semakin tinggi dibanding dengan PC.

Berbeda dengan PC yang pada umumnya jika rusak, bisa diganti per modul, di laptop, banyak rangkaian yang dirangkai jadi satu papan mainboard. Seperti contohnya; modul power supply, modul grafis, modul audio, pada laptop modul-modul tersebut tidak bisa dilepas pasang karena sudah jadi satu dengan mainboard utama. Jika ada yang rusak, tidak mungkin satu mainboard harus diganti. Dengan demikian tidak heran, cara menghidupkan laptop jelas lebih rumit dibandingkan dengan PC. Tapi, tentu saja sebagai pengguna laptop yang smart, kita perlu juga tahu trik-trik perbaikan laptop yang praktis untuk menghemat waktu dan tentu saja biaya.

Pada artikel kali ini VTIGA Kursus perbaikan Laptop dan PC, akan membahas cara menghidupkan laptop yang mati total. Sebagai bahan yang akan dibahas, kami memilih laptop ACER one 14. Bagaimana langkah awal untuk menghidupkan laptop yang mati?

Periksa sumber listrik

Pada umumnya laptop memiliki 2 opsi sumber listrik, charger adaptor atau baterai. Langkah awal kita mulai dari sini dahulu. Perhatikan pada saat charger dipasang, akan ada lampu indikator khusus yang akan menyala. Jika lampu indikator ini sudah menyala, kesimpulannya adalah listrik sudah masuk ke mainboard Laptop. Apabila lampu indikator sudah menyala, namun laptop tetap tidak mau menyala, kita harus memeriksa bagian rangkaian dalam mainboardnya. Untuk detailnya, silahkan baca ulasan kami berikut :

Apa yang harus kita lakukan jika indikator power tidak menyala? Dalam tahap ini, Analisa kita , listrik belum masuk ke rangkaian laptop atau bisa saja terjadi hubungan singkat pada rangkaian laptop. Lihat penjelasan berikut