CARA Memperbaiki LCD J1 Blank

Dalam sebuah smartphone, kualitas layar (LCD) adalah salah satu yang paling menentukan. Berbagai teknologi terbaru selalu bermunculan seiring dengan kebutuhan pengguna yang selalu ingin lebih baik. Saat ini teknologi LCD Super Amoled yang paling banyak digunakan oleh smartphone papan atas. Dibalik performa menakjubkan dari sebuah layar ponsel, banyak yang tidak menyadari bahwa tanpa adanya sumber cahaya dibalik LCD, warna nyata tidak akan muncul. Tampilan pun jadi kosong melompong.

Seperti sebuah kasus yang dibawa oleh seorang murid, “ pak bagaimana cara memperbaiki LCD Samsung J1  110H yang blank ini ? saya sudah ganti, tapi kok tetap aja gak beres.” Keluhnya.

Bersama-sama sang murid, instruktur VTIGA Kursus Teknisi HP dan Laptop memperbaiki ponsel tersebut. Bagaimana proses detailnya? Silahkan simak caranya berikut.

Saat menemukan sebuah kasus layar LCD yang tidak berfungsi, kita tidak bisa langsung menuduh kerusakan ada pada bagian LCD-nya. Letak kerusakan bisa terletak pada jalur LCD ke prosesor, jalur supply listriknya, atau bahkan hanya permasalahan lampu penerangan LCD (LED backlight) yang ada di ponsel. Penting sekali seorang teknisi, melihat secara seksama dan teliti layar ponsel tersebut saat dinyalakan. Memang melihat gambar pada LCD saat LED tidak menyala sama sekali, tidak mudah dilakukan. Mengapa demikian? Teknologi LCD saat ini, membutuhkan LED sebagai sumber cahaya. Tanpa LED ini gambar terlihat sangat samar, hampir seperti tidak ada gambar sama sekali. Untungnya, jika kita memperhatikannya dengan teliti, akan ada gambar yang terlihat. Walaupun sangat samar dan tidak jelas.