Cara Flash Sony Xperia

Semakin canggih sebuah smartphone, variasi kerusakannya pun semakin banyak. Dari sekian banyak jenis kerusakan yang bisa dialami oleh sebuah ponsel, kita dapat mengelompokannya menjadi 2 jenis. Yang pertama adalah kerusakan hardware (perangkat keras) dan kerusakan software (perangkat lunak). Kedua jenis kerusakan ini jelas berbeda dalam penanganannya. Saat memperbaiki software, pada dasarnya mengisi ulang program ke dalam ponsel. Tentu saja, prosesnya tidak selalu mudah, kadang diperlukan sebuah alat khusus yang disebut flasher box, serta dibutuhkan firmware yang sulit didapat, juga seringkali harus melalui sekian tahap dan urutan yang tidak boleh salah. Sedangkan kerusakan hardware juga tidak kalah rumitnya, selain  harus membongkar casing, pengukuran dan analisa harus dilakukan untuk mencari komponen dan jalur yang bermasalah.

Perlu diketahui juga, saat ini, ciri kerusakan hardware maupun software sangat sulit dibedakan. Pada saat kita menghadapi sebuah ponsel yang mati total, hang logo, dan lain sebagainya, bisa jadi penyebabnya adalah software atau hardware. Dalam proses perbaikan, sah-sah saja jika kita memulainya dari perbaikan software terlebih dahulu. Alasannya, kita tidak perlu repot membuka casing dan lain sebagainya. Tinggal memasang USB data cable, dan menghubungkan ponsel ke PC, kita bisa langsung memulai proses perbaikan software.

Seperti sebuah kasus yang dibawa oleh seorang murid, Sony Xperia ZRC5502 datang dalam kondisi hang logo. Saat dinyalakan, hanya muncul logo SONY saja. Bagaimana cara kita menyelesaikan kasus ini? Kita mulai dahulu dengan mencoba memperbaikinya dari sisi software-nya. Bagaimana caranya? Kita harus flash. Nah bagaiman cara flash sony experia kita akan bahas di sini. VTiga sebagai lembaga pelatihan teknisi smartphone yang sudah meluluskan ribuan alumninya akan berbagi tentang cara flash sony experia. Mari simak langkah-langkahnya.

Pada artikel kali ini, kita akan mencoba menggunakan software bantu yaitu PC companion, sebuah software yang membutuhkan koneksi internet dalam proses pengerjaanya. Maka, siapkan sebuah koneksi internet yang stabil dan relative cepat. Firmware dari Sony Xperia ZRC5502, berukuran lebih dari 1 GB. Jika dalam proses perbaikan software, koneksi internet mengalami gangguan, proses akan mengalami kegagalan.