CARA CEK KERUSAKAN HP SAMSUNG

Sebaik-baiknya sebuah ponsel dirancang, tetap saja, tidak bisa lepas dari berbagai macam kerusakan. Begitu pula adanya di HP Samsung. Di lapangan banyak sekali dijumpai HP Samsung yang bermasalah, entah karena salah penggunaan atau karena berbagai macam penyebab yang lain. Mulai dari yang mati total, hang, masalah audio, batere dan lain sebagainya. Tentu bagi seorang teknisi atau pengguna yang tertarik di bidang perbaikan, perlu tahu bagaimana cara cek kerusakannya. Kali ini VTIGA Kursus Perbaikan HP dan Laptop, akan membahas cara cek kerusakan HP Samsung.

Sebelum kita membahas secara mendalam cara memeriksa kerusakan HP Samsung, perlu diketahui dahulu, bahwa penyebab kerusakan di smartphone bisa digolongkan menjadi 2 kelompok besar. Yang pertama adalah disebabkan karena permasalahan software, yang kedua, disebabkan karena kerusakan hardware.  Mana yang kita dahulukan ? biasanya kita mencoba dahulu membenahi bagian software-nya. Setelah itu kita lihat hasilnya. Pengecekan hardware baru akan kita lakukan apabila perbaikan software tidak membawa hasil apapun. Agar pembahasan bisa lebih berisi dan mendalam, pada kesempatan kali ini, kita membatasi topik pembahasan pengecekan kerusakan HP Samsung yang mati total

Ketika memeriksa bagian software, ponsel perlu dihubungkan ke PC. Ada beberapa variasi kemungkinan yang bisa terjadi. Diantaranya, ponsel sama sekali tidak terdeteksi saat dikoneksikan via USB ke PC, ponsel terdeteksi sebagai device lain oleh PC, dikenali sebagai unknown device, atau smartphone terdeteksi baik di PC. Dari kemungkinan-kemungkinan tersebut analisa akan berlanjut. Apabila bisa terdeteksi, lanjut ke pengisian software. Diharapkan setelah pengisian selesai, ponsel bisa kembali normal. Tetapi, jika ponsel tidak terdeteksi sama sekali di PC, pemeriksaan harus dilanjutkan ke bagian hardware. Beberapa artikel yang pernah kami terbitkan mengenai perbaikan software, silahkan disimak:

Tentu saja, pengecekan kerusakan di bagian hardware lebih sulit dilakukan. Langkah ini kita ambil apabila perbaikan software tidak membawa hasil. Kita perlu melepas casing dari si ponsel. Lalu kita perlu menentukan titik pemeriksaannya secara jitu. Pada kesempatan ini kita mengambil Samsung Galaxy S6 yang mati total sebagai contoh.

Cara cek HP Samsung yang mati total, kita mulai dari pemakaian listrik dari si ponsel Galaxy S6 tadi, gunakan Power Supply untuk memeriksa arus listrik yang masuk. Lalu bacalah dari Ampere meter, berapa besar arus yang terukur. Ada beberapa variasi kemungkinan yang bisa kita dapati. Pertama,  arus tidak ada yang masuk ke ponsel. Kedua, arus masuk ke ponsel melebihi ketentuan, lalu yang ketiga, arus naik jauh lebih kecil dari normalnya.