CARA BENERIN HP BOOTLOOP

Pernahkah anda bingung saat ponsel kesayangan tiba-tiba hang, dan pada layar hanya ada gambar logo atau merk ponsel saja? Saat itu ponsel tidak bisa masuk ke menu, tidak merespon sentuhan. Jika HP di restart ulang, kejadian yang sama terus berulang. Ini yang sering disebut dengan gagal booting, atau istilah populernya bootloop. Tentu, saat bootloop, HP tidak bisa digunakan sama sekali. Bagaimana caranya benerin HP yang bootloop ini?

Dalam proses benerin HP bootloop, kita boleh mencobanya dari hal-hal yang simple dan mudah dulu. Ada cukup banyak kasus, kita hanya perlu mencopot batere, dan memasangnya kembali. Tentu saja, tidak semuanya bisa berhasil dengan cara ini. Langkah berikut yang patut dicoba adalah, melakukan factory reset. Pada dasarnya, langkah ini menghapus data dan aplikasi dalam ponsel, dan mengembalikannya ke pengaturan awal, seperti saat ponsel keluar dari pabrik. Ada banyak trik yang tersedia untuk melakukan factory reset ini, silahkan simak link berikut:

  1. http://vtiga.com/2017/04/cara-hardreset-samsung/
  2. https://vtiga.com/2017/09/cara-hard-reset-lenovo-a859/
  3. https://vtiga.com/2017/05/cara-hard-reset-lg-l80/
  4. http://vtiga.com/2017/05/hard-reset-asus/

Jika langkah reset diatas tidak bisa menyelesaikan permasalahan, mau tidak mau kita lakukan langkah lain. Kali ini kita diharuskan mengisi kembali firmware pada ponsel yang bootloop tersebut. Pada kali ini kami mengambil Lenovo ZUK Z2 sebagai bahan. Ponsel ini mengalami bootloop. Sudah dicoba dengan cara hard reset, namun tidak bisa juga. Mau tak mau kita melakukan proses flashing. Langkah-langkahnya sebagai berikut: