Perbaikan Laptop Asus X450c  Mati Total

Langkah apakah yang perlu dilakukan bila laptop anda tiba tiba mati total? Perlukah kita langsung membawa ke servis center? VTiga sebagai pusat pelatihan teknisi laptop dan handphone akan mengulas sedikit langkah perbaikannya.

Kali ini yang dicontohkan adalah yang memang dikerjakan oleh sang pengajar VTiga. Sebuah laptop Asus X450c yang dibawa oleh salah seorang peserta pelatihan. Laptop ASUS X450C ini mengalami kerusakan dengan ciri setelah dipasang adapter,  lampu indikator power dan lampu saklar menyala padahal saklar belum ditekan, arus laptop naik ±200mA.

Analisanya seperti ini, dengan arus ±200mA, ada komponen yang tidak normal. Sebab seharusnya arus nol. Komponen apakah yang rusak? Perlu kita bongkar papan boardnya terlebih dulu. Nah jika sudah terlihat seperti gambar di bawah, artinya anda sudah berhasil membongkarnya. Berikutnya adalah tinggal melakukan pencarian manakah komponen yang bermasalah. Sang muridpun langsung beraksi mencari komponen yang bermasalah. Ditemukanlah komponen yang diberi tanda kotak merah di gambar bawah.