Banyak orang awam bertanya tanya, bagaimana sih cara memperbaiki hp matot. Hp matot atau hp yang mati total menjadi momok para pengguna ponsel. Penyebabnya sungguh misterius menurut mereka. Tanpa ijin, tanpa pamit, tiba tiba hp mati total. Bagaimana caranya kita memperbaikinya? Vtiga sebagai lembaga pelatihan teknisi HP yang sudah malang melintang belasan tahun di blantika reparasi hp akan sedikit berbagi tips bagaimana cara memperbaiki hp matot. Simak ulasannya !

Sebelum melangkah jauh tentang bagaimanakah cara memperbaiki hp matot, kita akan membahas terlebih dulu mengenai struktur dasar dari sebuah handphone atau sekarang lebih dikenal dengan ponsel pintar. Secara garis besar handphone terbagi atas dua komponen yaitu hardware atau perangkat keras dan software atau perangkat lunak. Software pada handphone adalah komponen yang tidak terlihat yang meliputi operating system, aplikasi dan sebagainya. Sementara hardware adalah komponen yang terlihat pada perangkat handphone seperti komponen IC, kapasitor, resistor dan lain lain.

Secara struktural, komponen hardware sebuah ponsel terdiri atas bagian-bagian yang terlihat seperti gambar berikut.

Komponen tersebut diatas secara kinerja dibagi lagi menjadi dua yaitu komponen vital dan komponen yang tidak vital. Komponen vital adalah komponen yang kinerjanya tidak hanya sebagai penyalur tegangan namun juga memproses data digital serta menginisialisasi dan control kinerja komponen secara sistematis. Jika salah satu komponen aktif bermasalah atau rusak maka handphone tidak akan berfungsi atau mati. Contoh komponen aktif adalah CPU, IC Power, crystal dsb.

Sementara komponen tidak vital adalah komponen yang hanya menyalurkan dan memproses tegangan namun tidak berfungsi sebagai pengendali atau controller. Contoh komponen ini seperti IC Bluetooth yang jika kita lepas maka perangkat handphone masih berfungsi.

Komponen-komponen tersebut memiliki fungsi yang secara umum adalah sebagai berikut.

  1. CPU (Central Processing Unit).

Merupakan komponen utama yang berfungsi untuk mengatur kinerja semua komponen dari handphone, mulai dari pengaturan tegangan, pengaturan data digital dan sebagainya. CPU mengatur komponen lain agar dapat bekerja dan berfungsi sesuai dengan kapasitas dan system dari komponen yang bersangkutan. Pada intinya CPU merupakan pusat informasi untuk pengaturan kerja dari semua komponen.

Saat ini kita secara umum mengenal hanya dua jenis memory yaitu external memory seperti SD Card dan internal memory seperti emmc (embedded multi media controller).

Sebenarnya memory adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data yang terdiri atas perintah-perintah program sesuai dengan operating system dari handphone. Memory terdiri atas beberapa jenis seperti NAND Flash yang berisi perintah dasar untuk pengaturan CPU, data aplikasi dan data user interface. Juga ada NOR Flash+SDRAM yang merupakan media penyimpanan data seperti firmware, kalibrasi dan sertifikat.

  1. Power Management Unit.

Komponen ini berfungsi sebagai penyalur kebutuhan tegangan yang sesuai dengan kebutuhan setiap komponen. Biasanya kita mengenalnya sebagai IC Power, namun sebenarnya komponen ini terdiri atas satu atau lebih regulator yang berfungsi dan mengontrol agar tegangan kerja yang diperlukan komponen-komponen yang ada di handphone mendapatkan tegangan sesuai dengan kebutuhannya.

  1. RF Unit.

Komponen ini merupakan jembatan komunikasi data sebuah ponsel dengan base station. Proses yang dilakukan oleh modul RF ini adalah memproses data secara digital baik dalam receiver atau bagian penerima, maupun transmitter atau bagian pemancar. Pada saat menerima suatu sinyal pada frekwensi tertentu, komponen ini mengubah frekwensi yang diterima menjadi data digital untuk diproses oleh CPU. Data tersebut kemudian akan disalurkan dan diproses oleh CPU untuk kemudian dikirim ke bagian user interface seperti LCD dan speaker.

Sebaliknya, jika menerima data digital dari CPU sesuai dari permintaan dari user interface, RF Unit akan mengolah data tersebut menjadi data keluaran sinyal dengan frekwensi tertentu untuk kemudian dikirimkan ke BTS.

  1. Add In Unit (Unit pendukung tambahan).

Unit ini adalah unit pendukung, baik itu sebagai pendukung komunikasi dengan perangkat lain (seperti Bluetooth, IRDA dan GPS), maupun pendukung komunikasi dengan pengguna (LCD, keyboard dsb).

Demikianlah penjelasan singkat mengenai struktur komponen-komponen dasar dari handphone sebelum kita masuk ke artikel selanjutnya tentang bagaimana cara memperbaiki hp matot. Ingat, jika anda benar benar memiliki passion di bidang perbaikan ponsel, kenapa ragu untuk menyalurkan minat anda. Hobi anda yang satu ini bisa dijadikan sumber penghasilan dalam hidup anda! Mari bergabung berssama kami !

Bersambung…..

http://vtiga.com/2017/05/hp-matot/

Ingin menjadi teknisi handal ? Ilmu ini bisa anda kuasai hanya dalam waktu 1 (satu) bulan Tunggu apa lagi segera bergabung dengan. Kami JAMIN anda sampai BISA, anda tidak bisa, UANG Kami KEMBALIKAN.

DAPATKAN PROMO MENARIK !
Nama
Nomor HP

Tinggalkan nomor TELP Anda di kolom komentar untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan BONUS alat perbaikan dan mess/tempat tinggal selama pelatihan!!!

(terbatas untuk 10 peserta pertama)

V-TIGA Kursus Teknisi HP dan Laptop . Ketik PROMO 2017

Kirim melalui

Whatsapp : 081288508878

BB : D481D610

Telp : 021-6317158

Telkomsel : 081288508878

XL : 087883327959

Three : 08989239250