Dari banyak kerusakan yang terjadi pada sebuah smartphone, entah itu mati total, hang, bootloop dll, ternyata banyak yang disebabkan oleh kerusakan software. Karena gejala kerusakannya sangat beragam dan sangat sulit dibedakan dari kerusakan hardware, sebagai seorang teknisi harus memiliki panduan dalam perbaikan handphone.

Diantaranya, perhatikan konsumsi listrik dari smartphone tersebut, dan masih ada serangkaian prosedur yang harus dilewati untuk memastikan letak kerusakan. Namun, jika harus disuruh memilih, kita harus mendahulukan memperbaiki dari sisi software dibanding langsung membongkar hp dan mengutak-atik bagian hardware-nya. Hal ini berlaku untuk semua HP baik yang menggunakan Android, IOS maupun yang lain.

Dalam proses perbaikan software, kita akan mengenal dengan istilah Flash. Yaitu sebuah IC di dalam ponsel yang menyimpan data dan program. Berhubung sering terjadi kerusakan pada program yang merupakan isi dari IC Flash tersebut, kita harus mengisi ulang program maupun datanya. Proses ini sering disebut dengan proses Flashing HP. Berhubung banyak sekali jenis dan ragam cara Flashing. Pada kesempatan kali ini, kami membatasi penjelasan pada proses Flash di ponsel Android

Kali ini Vtiga Kursus HP dan Laptop akan berbagi cara flash Android SONY ST12i atau lebih di kenal dengan XPERIA TIPO, tutorial flashing kali ini tanpa menggunakan Box software, jadi software yang kita gunakan adalah Flashtool, perbaikan flashing dapat dilakukan apabila pada android mengalami kerusakan sebagai berikut.

– Sony xperia tipo st12i mengalami bootloop atau hang logo

– Lupa password , kunci pola, pin atau gmail

– Mati total namun Karena kerusakan OS

– Mulai melambat ataupun lemot

Ok Tools yang perlu di download