Menjamurnya berbagai macam merek tablet dan smartphone, jelas membuka peluang lebar-lebar bagi para penggiat bisnis reparasi gadget. Namun sebaliknya hal ini pun seringkali menjadi ketakutan tersendiri bagi para teknisi yang belum berpengalaman. Bagaimana tidak, selain jeroan satu dengan yang lain berbeda, firmware yang diisi pun berbeda antara satu merek dengan yang lain. Untuk bisa mengatasi kesulitan-kesulitan ini, para teknisi dituntut untuk memiliki skill yang lengkap baik software dan hardware. Juga harus mengerti prosedur perbaikan yang efektif dan efisien.

Seperti pada kasus tablet Axioo picopad 10 yang kameranya tidak bisa berfungsi berikut ini. Jika kita berfokus pada sisi hardwarenya, modul kamera beserta jalur akan diperiksa secara teliti. Jika kita menitikberatkan pada software, ponsel akan diflashing ulang. Di sini, seorang teknisi harus menentukan yang mana dulu yang harus ditempuh.

Kembali ke kasus tablet Axioo Picopad, kronologisnya seperti berikut ini. Awalnya tablet terkunci Gmail account-nya, namun setelah berhasil di flashing, kamera menjadi tidak berfungsi setelah di cek ternyata saat flashing menggunakan Rom yang berbeda membuat file bin camera yang origninal tertimpa oleh file bin dari bawaan ROM yang lain, oke kita kupas tuntas tahapan – tahapan perbaikannya. Kali ini VTIGA Kursus Perbaikan HP dan Laptop akan membahasa Axioo picopad 10 yang kameranya tidak berfungsi secara detail.

Bahan yang di persiapkan antara lain :

1. Livesuit

2. Stock ROM Axioo

3. Install Driver Allwinner karena cpu pada tablet ini A10

4. Kingo Root

5. Root Explorer

6. Terminal Emulator

7. File Script bin yang di ambil dari tablet yang masi normal

Bagaimana langkah-langkah perbaikannya?

1. Saat memperbaiki tablet yang cpu nya Allwinner, cukup lakukan flashing saja. Karena memang rata-rata tablet ini tidak memiliki recovery mode.Caranya gunakan Livesuit

Pilih Select IMG, kemudian arahkan dimana folder yang berisikan Stock ROM axioo. Jangan dihubungkan dulu. Jangan lupa tekan dan tahan Vol Down, lalu hubungkan ke PC sambil menekan tombol power berkali-kali.

Jika muncul pilihan format atau tidak, pilih saja format.

2. Kini tablet sudah tidak terkunci oleh gmail. Nah masalah barunya adalah saat buka kamera menjadi Error. Langkah selanjutnya kita harus install Terminal Emulator, Root Explorer. Tapi sebelumnya tablet harus di rooting dulu, menggunakan Kingo Root

Jika muncul keterangan seperti ini, artinya belum terhubung dengan ADB. Cukup aktifkan usb debugging pada tablet dahulu

Klik root dan tunggu hingga proses selesai. Sebagai tambahan selama proses ini berlangsung, kita harus menggunakan Internet. Jadi usahakan gunakan jaringan internet yang stabil agar tidak terputus.

3. Sehabis semua aplikasi terpasang, buka terminal emulator. Ketik perintah seperti ini
SU(enter)

Fungsinya agar memunculkan folder nanda yang terhide

4. Berikutnya buka root explorer, masuk ke bagian sdcard. Akan terlihat folder nanda seperti berikut.

Baru masuk ke folder nanda. Ada “Script.bin dan script0.bin”, langsung delete kedua file tersebut dan masukkan script.bin dan script0.bin yang sudah fix kedalam folder nanda.

5. Restart tablet dan tunggu hasil akhirnya

Akhirnya kamera sudah berfungsi kembali.

Sepert itulah langkah perbaikan kerusakan kamera eror pada tablet Axioo Picopad 10.

Nantikan artikel perbaikan lainnya, karena VTiga Training Center akan selalu hadir dengan trik-trik perbaikan terbaru.

“Sebarkan informasi ini untuk teman-teman anda, jangan ragu membagikannya”

DAPATKAN PROMO MENARIK
Nama
Nomor HP

Untuk info lebih lanjut silakan whatsapp 0812.8850.8878 “Promo Menarik” untuk 10 orang pendaftar pertama

V-Tiga Training Center (Pusat Pelatihan Teknisi Hp & Laptop) (*) Pengalaman Lebih dari 15 tahun(berdiri sejak 1998) (*) Fasilitas Belajar Lengkap (*) Free Tool kit & File Software (*) GRATIS MESS PENGINAPAN

** www.vtiga.com & kursuslaptop.com 0812.8850.8878 (WhatsApp/Line/Phone) Pin BB_D481D610 Komplek Ruko RTC(Roxy Trade Center) Jl. KH Hasyim Ashari No 233L Jakarta Pusat