Sebagai pendatang baru di dunia smartphone, OPPO terbilang sangat sukses dalam menjual produknya. Di pasaran tanah air, OPPO pun laku keras. Banyak keunggulan yang ditawarkan dan sangat sebanding dengan harga jualnya. Tak heran, penggemarnya pun tiap hari kian bertambah.

Pasti ada pengalaman khusus sewaktu HP kesayangan anda bermasalah. Mungkin dari masalah batere yang cepat habis, atau lemot atau masalah lainnya. Jelas, yang paling mengagetkan jika kita mendapati HP andalan kita tiba-tiba mati total. Apa yang harus anda lakukan? Pada kesempatan kali ini VTIGA Kursus perbaikan HP dan Laptop akan membahas bagaimana cara menghidupkan HP OPPO yang mati total.

Tentu dalam proses perbaikan HP OPPO yang mati total, kita mencoba dari langkah perbaikan yang ringan terlebih dahulu. setelah itu jika tidak membawa hasil, baru kita menuju ke langkah yang lebih berat. Secara umum, penyebab kerusakan mati total bisa disebabkan oleh bagian software atau bagian hardware. kerusakan bagian software, cukup diperbaiki dengan mengisi ulang program yang tertulis di flash chip (chip memori yang menyimpan data dan program). Kita tidak perlu mengganti komponen apapun. Sedangkan kerusakan di bagian hardware disebabkan karena ada komponen yang rusak atau jalur yang putus. Dalam proses perbaikan hardware, kita perlu mengganti komponen atau menyambung jalur yang putus. Untuk lebih jelasnya, kita bahas perbaikan HP OPPO yang mati total dalam langkah yang detail.

1. Coba masuk ke recovery mode, tekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Setelah masuk ke mode recovery, pilih menu untuk reboot. Langkah ini perlu dilakukan, karena ada kemungkinan, ponsel mengalami stuck saat hendak mulai kerja. Dengan menjalankan langkah ini, kita memiliki pilihan untuk merestart ponsel, bahkan me-wipe data (mengembalikan pengaturan ke awal kembali).  Untuk OPPO yang bootloop, silahkan coba cara ini ;  https://vtiga.com/2017/04/cara-mengatasi-hp-oppo-bootloop/

2. Jika perbaikan software di atas gagal membawa hasil, kita beralih ke pemeriksaan di bagian hardware. pemeriksaan di bagian hardware. Sebagai contoh kasus dipilih OPPO R2001 yang mati total. Setelah casing dibuka, kita harus memeriksa kondisi dari IC POWER. Ada cara cepat yang bisa kita terapkan, periksa titik tegangan yang merupakan output dari IC Power. Di titik ini harus ada tegangan yang hampir mendekati 4 volt. jika tidak ada, IC Power sudah bermasalah.

Tentu saja, kita tidak bisa langsung mengganti IC Power-nya. periksa dahulu input tegangan yang diperlukan oleh IC Power. Ukur lagi tegangan di input IC Power ini. harus ada tegangan sebesar tegangan baterai. Jika di sini tegangannya sebesar 4 volt, berarti input IC Power normal, kerusakan jelas ada di bagian IC Power. sebaliknya jika di titik ini tegangannya 0 volt atau jauh di bawah 4 volt, kita harus mencurigai baterainya sudah bermasalah.