Pada dasarnya, sebuah SIM (Subscriber Identification Module) memiliki sebuah memory serial yang memiliki kapasitas kecil, dan menyimpan data identitas dari si pelanggan. Tanpa sebuah SIM (Subscriber Identification Module) card yang terpasang, sebuah ponsel tidak bisa terhubung ke jaringan GSM. Oleh karena itu fungsi SIM card sangat penting dalam ponsel.

Jika mencermati diagram skema dari sebuah smartphone, kita akan temukan bahwa jalur dari SIM card akan tersambung ke processor. Ketika Processor dalam sebuah smartphone hendak membaca data rahasia yang terdapat di dalam SIM, proses ini tidak boleh terganggu sedikitpun. Apabila proses ini terganggu, SIM card tidak akan bisa terbaca.

Bagaimana cara mengatasi SIM card yang tidak terbaca di Android? Pada dasarnya cara perbaikannya sama dengan perbaikan ponsel yang memiliki operating system yang lain. Hal pertama yang kita lakukan adalah memperhatikan apakah konektor SIM dalam keadaan bersih dan kering. Jika ada kotoran, segara kita bersihkan. Hal lain yang juga perlu kita teliti adalah jalur penghubung. Ada trik cepat untuk memastikan apakah jalur dari SIM konektor yang menuju ke SIM processor. Biasanya kita mengukur hambatan dari tiap-tiap kaki yang ada di konektor SIM. Jika jalur ada yang putus, kita harus segera menyambungnya. Jika jalur dalam kondisi baik