Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala

Bisa dibayangkan betapa khawatirnya kita jika ponsel kesayangan kita tiba-tiba mati total. Semua kontak, foto-foto penting, maupun video yang tak ternilai, umumnya disimpan dalam memory ponsel kita. Bagaimana cara kita menghadapi situasi pelik tersebut? Kali ini VTIGA Kursus Teknisi HP dan Laptop akan membahas cara memperbaiki ponsel Android yang mati total.

Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala sebenarnya hampir sama dengan cara perbaikan ponsel yang menggunakan Sistem Operasi yang lain seperti IOS, Symbian atau yang lainnya. Untuk itu kita perlu mengerti jelas mengenai prinsip cara dasar memperbaiki ponsel yang mati total.

Ponsel yang mati total, umumnya disebabkan oleh factor-faktor berikut ini :

⦁ Jatuh , sehingga komponen di dalam ada yang pecah/rusak karena benturan. Atau jalur yang putus.

⦁ Terkontaminasi oleh zat asing yang bersifat konduktif , seperti air, kotoran dll

⦁ Kehabisan batere, namun tidak bisa di-charge. Silahkan simak artikel berikut ini mengenai ponsel yang mati total karena tidak bisa di-charge⦁ .⦁ http://vtiga.com/2017/03/hp-dicas-tapi-tidak-mengisi/

⦁ Kerusakan software. Biasanya terjadi secara tiba-tiba, dan memerlukan penanganan khusus. Simak artikel mengenai cara pebaikan software Android berikut. http://vtiga.com/2017/02/cara-software-handphone/

Selain sebab-sebab umum yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan sebuah ponsel Android mati total. Untuk itu, kita perlu menganalisanya secara runtut dan sistematis. Selalu langkah yang minim resiko dan mudah dilakukan serta cepat, kita dahulukan. Sedangkan langkah yang rumit kita sisakan di tahap-tahap tengah dan akhir dari proses perbaikan. Dari mana proses perbaikan kita mulai? Dibawah ini adalah gambaran tentang tahapan perbaikannya. Jika tahap yang satu tidak bisa menghasilkan solusi, kita harus lanjut ke tahap berikutnya.