Cara Memperbaiki eMMC Android yang Rusak

Saat ini, perkembangan dari Smartphone begitu cepatnya. Selain pengembangan dari sisi software yang ditandai dengan keluarnya versi terbaru Android Nougat, sisi hardware juga turut maju pesat. Bisa dilihat dari processor-processor serial terbaru dan kapasitas memory yang makin besar dan cepat kerjanya. Jika kita memperhatikan memory yang digunakan pada smartphone saat ini, akan banyak ditemukan eMMC banyak terpasang di sana (walaupun ada beberapa ponsel premium yg sudah menggunakan UFS sebagai piranti peyimpanannya).

Pada sebuah ponsel, eMMC adalah salah satu komponen yang paling sering dan mudah rusak. Tentu saja demikian, coba bayangkan berapa sering kita mengisi dan menghapus gambar, video atau aplikasi pada ponsel kita. Faktor-faktor inilah yang jadi penyebab utama rusaknya eMMC pada ponsel.

Sebelum membahas cara memperbaiki eMMC Android yang rusak, sebagai pemakai maupun teknisi, kita perlu tahu apa saja ciri-ciri saat sebuah ponsel mengalami kerusakan pada eMMC-nya. Jika ponsel anda mulai sering hang, saat dinyalakan hanya muncul logo vendor, data-data bayak yang hilang dll, atau bahkan mati total, perlu dicurigai kerusakan ada pada bagian eMMC-nya.