Kerusakan mati total pada smartphone bisa disebabkan banyak hal, salah satunya adalah dikarenakan baterai. Namun kerusakan pada jalur baterai pun sering terjadi. Kali ini kita akan menganalisa kerusakan pada smartphone Samsung Galaxy J1 SM-110H yang mati total.

Langkah pertama yang harus lakukan untuk menganalisa mati total adalah dengan menggunakan power supply. Jepitkan kabel merah dari power supply di kaki plus (+) pada konektor batere dan kabel hitam pada kaki minus (-). Nyalakan power supply, naikkan tegangan power supply hingga 3,7 – 4,1 volt. Kemudian perhatikan apakah ada arus naik ataukah tidak. Jika tidak ada arus yang naik maka selanjutnya tekan saklar on off pada perangkat, Sesudah saklar on-off di tekan perhatikan jarum ampere, apakah jarum tersebut bergerak naik atau tetap diam. Jika tetap diam maka dapat dipastikan bahwa tidak ada tegangan kerja pada perangkat tersebut.

Nah !! Jika benar tidak adanya tegangan pada perangkat. Bagaimanakah cara mengatasinya ? Apakah anda pernah menemukan kasus yang serupa ? Baiklah, VTiga Training Center akan membahasnya dengan se-akurat mungkin.