Smartphone Anda Cepat Panas ?

[divider height=”20″]

Smartphone pada masa sekarang ini tentunya sudah menjadi bagian penting dalam keseharian kita sehari-hari. Mulai dari mengawali hari kita di pagi hari hingga tidur kembali di malam hari , perangkat ini memungkinkan kita untuk terhubung dengan segala kejadian di jagad raya ini. Para pengguna Smartphone tentunya ingin selalu terhubung dan terkoneksi dengan dunia ini setiap waktu ( Messenger , Social Media , Mesin Pencari , dan lain sebagainya ).

[divider height=”20″]

Smartphone terus berupaya untuk memenuhi semua keinginan para penggunanya. Akan tetapi, beban kerja yang berlebihan akan berdampak buruk bagi perangkat smartphone tersebut. Hal ini akan menyebabkan gangguan performa smartphone yang cukup signifikan dan amat mengganggu tentunya. Dari sinilah muncul istilah “overheat” ( panas berlebihan ) pada perangkat dan baterai smartphone anda.

[divider height=”20″]

[image src=”http://vtiga.com/wp-content/uploads/2017/01/Smartphone-Cepat-Panas-Inner-2.png” width=”” height=”” align=”center” border=”0″ margin_top=”” margin_bottom=”” link=”” link_image=”” target=”” alt=”” caption=”” greyscale=”0″ animate=””]

[divider height=”20″]

Tampilan grafik dengan kualitas tinggi terus ditawarkan pada perangkat Smartphone dan terus berkembang setiap harinya. Tampilan seperti ini menuntut daya yang lebih besar dibandingankan tampilan dengan grafis rendah atau standart. Akibat konsumsi daya yang terlalu besar dari baterai , perangkat smartphone menghasilkan panas yang cukup tinggi dari baterai yang terus dipacu sedemikian rupa. Terkadang , pabrikan Smartphone yang terus berlomba untuk menciptakan smartphone dengan tampilan slim ( tipis ) kurang memperhatikan ventilasi agar panas dapat keluar.
Faktor-faktor lain seperti pemakaian berlebihan dalam prosesor grafis (High Resolution Screen), penggunaan baterai dalam durasi yang cukup lama. Oleh karena itu, ada baiknya kita perhatikan langkah – langkah berikut ini agar smartphone anda tidak cepat panas.

[divider height=”20″]

1 . Nonaktifkan beberapa fungsi yang tidak diingikan atau jarang anda gunakan

[divider height=”20″]

[image src=”http://vtiga.com/wp-content/uploads/2017/01/background-app-smartphone.jpg” width=”” height=”” align=”center” border=”0″ margin_top=”” margin_bottom=”” link=”” link_image=”” target=”” alt=”” caption=”” greyscale=”0″ animate=””]

[divider height=”20″]

Beberapa fungsi pada perangkat smartphone mengkonsumsi daya pada baterai secara intensif dengan daya yang sangat besar. Banyaknya aplikasi yang sudah tidak digunakan masih tetap berjalan pada latar belakang (background) mengkonsumsi baterai secara terus menerus. Sering kali para pengguna smartphone tidak membersihkan atau menutup aplikasi secara benar setelah selesai menggunakan aplikasi pada perangkat smartphone. Pastikan anda memeriksa sekali lagi apakah aplikasi sudah tertutup dengan benar setelah anda selesai menggunakan aplikasi .

[divider height=”20″]

Dengan menonaktifkan aplikasi yang terus berjalan di latar belakang anda dapat menjaga agar perangkat smartphone anda tidak cepat panas.
Misalnya, anda tidak perlu untuk terus menyalakan WiFi , Bluetooth, dan lain sebagainya sepanjang waktu, bahkan ketika tidak menggunakan perangkat untuk jangka waktu yang panjang. Fitur GPS dan aplikasi Maps, dan fitur getar (vibrate) juga mengkonsumsi daya pada baterai secara drastis. Anda dapat menggunakan aplikasi pembantu untuk memantau konsumsi daya pada baterai seperti : JuiceDefender, dan Greenify. Anda juga dapat memantaunya secara manual melalui menu “Setting”.

[divider height=”20″]

2. Graphic dan Kinerja Prosesor berlebihan

[divider height=”20″]

Tugas-tugas pada smartphone seperti Gaming dan Web-Browsing sangat melelahkan bagi prosesor smartphone, bila dilakukan untuk jangka waktu yang panjang. Inilah sebabnya mengapa pengguna smartphone merasakan perangkat mereka menjadi sangat panas saat bermain game atau web-browsing dalam kurun waktu yang relatif panjang.

[divider height=”20″]

[image src=”http://vtiga.com/wp-content/uploads/2017/01/game-hape-bikin-panas.jpg” width=”” height=”” align=”center” border=”0″ margin_top=”” margin_bottom=”” link=”” link_image=”” target=”” alt=”” caption=”” greyscale=”0″ animate=””]

[divider height=”20″]

Mengatur durasi waktu penggunaan pada kegiatan gaming dan web-browsing dapat membantu smartphone anda menghindari panas yang berlebihan. Dengan demikian, anda juga dapat menjaga kesehatan dari baterai smartphone anda.

[divider height=”20″]

3. Waspada saat mengisi baterai Smartphone

[divider height=”20″]

[image src=”http://vtiga.com/wp-content/uploads/2017/01/charge-baterai-smartphone-bikin-panas.jpg” width=”” height=”” align=”center” border=”0″ margin_top=”” margin_bottom=”” link=”” link_image=”” target=”” alt=”” caption=”” greyscale=”0″ animate=””]

[divider height=”20″]

Mengisi baterai smartphone adalah kegiatan yang sangat penting untuk perangkat smartphone. Pengisian baterai harus dilakukan dengan tepat, pengisian baterai yang berlebihan dapat menyebabkan panas pada perangkat smartphone akibat kelebihan daya. Anda harus memastikan bahwa charger yang anda gunakan untuk mengisi baterai pada perangkat anda sesuai dengan perangkat smartphone tersebut. Hindari pengisian baterai yang terlalu lama , contohnya : sering kali pengguna smartphone mencharge baterai smartphone mereka saat mereka tidur.