Kerusakan mati total pastinya sering terdengar, bahkan mungkin saja smartphone anda pernah mengalaminya juga.

Pertanyaannya, apa yang anda lakukan ketika smartphone anda mengalami kerusakan mati total ? Trik apakah yang anda gunakan untuk mengetahui penyebab mati total ?

VTiga Training Center Kursus Teknisi Handphone dan Laptop, kali ini akan berbagi informasi tentang jurus jitu perbaiki smartphone mati total. Dalam pelajaran studi kasus, salah seorang siswa VTiga sedang melakukan pemeriksaan arus pada Smartphone Samsung J1 Ace yang mati total menggunakan power supply, hasil pemeriksaan menunjukan bahwa arus nampak konslet, akan tetapi arus konslet kali ini agak sedikit berbeda dengan kasus konslet lain pada umumnya. arus seakan-akan tidak terlihat tinggi, hanya ada kejutan arus yang sangat cepat. Kejutan arus ini harus diperhatikan secara teliti, jika tidak, informasi penting ini akan terlewat.  Para teknisi sering menyebutnya ini arus kaget.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video dibawah ini !

https://www.youtube.com/watch?v=ep2zurexSe0

Bagaimana cara penyelesaiannya ?

Dengan menggunakan trik cepat mencari konslet yang sudah diajarkan dikelas VTiga kursus HP, sang siswa mampu dengan cepat menemukan jalur yang konslet. Dalam kasus ini yang konslet adalah jalur VRF_PA.

perhatikan gambar skema SM-J1 Ace

pada jalur VRF_PA ada banyak komponen yang terhubung. diantaranya adalah U401, L405, C462, dan masih banyak komponen lainnya.

4. JURUS JITU PERBAIKI SMARTPHONE SAMSUNG J1 ACE MATI TOTAL

Apabila jalur yang konslet sudah ditemukan, dengan sangat mudah kita bisa mencari komponen manakah yang bermasalah. Biasanya kita menggunakan power suplly yang ampere-nya cukup tinggi, kemudian tinggal dicari komponen yang panas.

Ketika sedang di suntik tegangan dengan power suplly 5 ampere, C462 panas, artinya penyebab konslet Sudah ditemukan. Untuk penyelesaiannya pun sangatlah mudah, tinggal buang C462 yang bermasalah tersebut, maka secara otomatis smartphone akan kembali normal.

Tentu saja, penyebab kerusakan Samsung J1 Ace yang mati total tidak hanya dari kapasitor yang konslet saja. Bisa jadi penyebabnya adalah IC Power yang tidak bekerja atau bahkan hanya masalah software saja. Untuk itu, sebagai teknisi, kita perlu mencoba menghubungkan ponsel ke PC menggunakan kabel data USB. Dengan catatan rangkaian dalam ponsel tidak ada yang terhubung singkat (konslet). Apabila PC bisa mendeteksi ponsel yang mati total tersebut, berarti prosesor dalam ponsel masih bekerja dan bisa berkomunikasi dengan PC. Berikutnya kita perlu melakukan proses perbaikan softwarenya. Sebagai refrensi, silahkan baca link berikut:

Ada juga kemungkinan, kerusakan terjadi karena IC Power yang tidak bekerja, atau karena Chip eMMC yang rusak. Untuk menganalisa kerusakan yang lebih mendalam seperti ini, kita memerlukan skill membaca skema yang memadai serta pengalaman yang cukup. Akan kami bahas di lain kesempatan.

DAPATKAN PROMO MENARIK !
Nama
Nomor HP

Segera bergabung dengan Kami ! Kami JAMIN anda sampai BISA Anda tidak bisa, UANG Kami KEMBALIKAN.

V-TIGA Kursus Teknisi HP dan Laptop Ruko Roxy Trade Centre Jl. KH. Hasyim Ashari No. 233L, Jakarta Hotline: 021-929-555-93 | 0812-8850-8878 | 0838-967575-28 | 0878-8332-7959 | 0858-8899-1173 | 088-11418-7353 | 0838-993-26127 atau tinggalkan nomor telepon di kolom komentar dan dapatkan penawaran menarik .:: TIDAK ADA CABANG ::.