Di era globalisasi yang makin hari semakin maju dan dilengkapi jangkauan yang luas terhadap layanan untuk mengakses internet ke seluruh Indonesia, pasti anda sering mendengar yang namanya “Modem”. Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang berfungsi mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan, sedangkan Demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima.

VTiga Training Center Kursus Teknisi Handphone dan Laptop, kali ini akan membahas sebuah kerusakan pada sebuah modem. Se-seorang yang tinggalnya tidak jauh dari VTiga Training Center datang membawa sebuah modem yang mengalami kerusakan. Modem tersebut tidak dapat difungsikan karena kartu sim yang dipasangkan tidak terdeteksi, parahnya sim tersebut tersangkut.

Bagaimanakah cara memperbaikinya ? Mau tahu seperti apa proses perbaikan yang dilakukan ? Simaklah dengan seksama.

Perhatikan gambar dan langkah perbaikan dibawah ini !

Berbagai macam merek modem yang dipasarkan di negara kita,dan ini adalah salah satu jenis modem yang memiliki kemampuan mumpuni.

1-modem

Agar modem dapat kembali berfungsi, eksekusi selanjutnya dalah membongkar modem tersebut. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah memanaskan sisi-sisi modem dibagian depan menggunakan blower. Kemudian gunakan spatula plastik untuk mencongkel bagian yang dipanaskan.

2-modem

Kemudian lepaskan baut pengunci tersebut, dan angkat casing yang menutupi PCB Modem.

21-modem

Setelah bagian depan yang dipanaskan terangkat, eksekusi selanjutnya ialah melepaskan baut-baut pengunci. Dimanakah letak baut pengunci itu ? Lingkaran merah pada gambar menunjukan letak baut pengunci tersebut

3-modem

Setelah casing terangkat dan PCB sudah terlihat barulah lakukan eksekusi pada sim card yang tersangkut.

Daftar Sekarang Juga

Ingin mangubah hidup anda? Luangkan waktumu untuk mengikuti program pelatihan kami!

Hanya dalam satu bulan, anda dapat menguasai skill yang bisa anda andalkan seumur hidup anda. Mari meraih suksesmu bersama kami ! Hubungi Kami

Hubungi Kami

021-6317158

Telk : 081288508878

XL : 087883327959

Indst : 085888991173

Three : 08989239250

Email : Vtigaadm@gmail.com

Pin BB : D24E812F

WhatsApp : 081288508878