Smartphone Android memang menawarkan berbagai macam kemudahan bagi para penggunanya. Mulai dari peran sebagai personal assistant , hingga pemandu lokasi bagi para pengendara kendara bermotor itu semua mampu dilakukan oleh perangkat Smartphone Android. Memiliki system yang begitu canggih dan mudah digunakan itulah Smartphone Android yang hari Рhari  ini kita kenal di kalangan masyarakat.
Pada umumnya Smartphone Android memiliki settingan default ( setting bawaan dari pabrikan ). Sehingga, para pengguna tidak perlu melakukan pengaturan manual seperti hal nya pada telephone genggam terdahulu. Berbeda dengan Smartphone lainnya , Smartphone dilengkapi system Android seperti namanya.

Lalu apakah system Android itu sendiri ?

Android adalah sebutan atau istilah sistem operasi berbasis Linux yang sengaja diciptakan untuk perangkat mobile yang didukung layar sentuh. Seperti halnya :  Smartphone , Tablet , dan Komputer Tablet. Project Android Sendiri pada titik awalnya dikembangkan oleh Android .Inc dengan memperoleh dukungan secara financial dari perusahaan raksasa GOOGLE. Pada tahun 2005 GOOGLE akhirnya resmi membeli project Android tersebut. Project Android dirilis secara resmi ke pasar pada tahun 2007, dan ponsel android pertama kali mulai dijual pada bulan oktober tahun 2008.