Kompetisi vendor smartphone saat ini tidak hanya terfokus pada sektor dapur pacu gadget-gadget andalan mereka. Bagian yang paling sering dilihat seperti layar kini menjadi salah satu bagian hardware yang harus dikembangkan agar tidak ditinggal oleh penggemar setianya. Apple kini memperkenalkan layar iPhone generasi terbaru yang disebut layar ‘Retina Display HD’.

Apa itu retina display HD ? Retina display merupakan istilah dari Apple untuk menyebut teknologi tampilan layar yang membuat mata manusia tidak bisa menatap piksel-piksel dalam tampilan layar.

Sungguh menarik bukan ? Tapi, apapun mereknya dan seperti apapun kualitasnya sebuah smartphone canggih bisa saja mengalami kerusakan. Setuju !!

Agar pemahaman anda dapat lebih mendalam VTiga memiliki sebuah kasus kerusakan pada iphone 6 pada bagian display.

perhatikan gambar dibawah ini !

iphone-6

Pada gambar terlihat iphone 6 tersebut tidak mengelurkan tampilan, display pada iPhone hanya menampilan layar bergaris.

Apakah yang terjadi pada iPhone 6 ? Secara fisik yang terlihat pastinya kebanyakan orang akan menduga bahwa kerusakan pada iphone disebabkan LCD yang sudah corrupt. Akan tetapi, teknisi VTiga sudah pernah melakukan test dengan memasangkan LCD yang baru, namun kondisi iphone tetap serupa.

Apakah yang harus dilakukan ? Jika dengan mengganti LCD tidak membuahkan hasil maka dibutuhkan sebuah skema untuk dijadikan sebuah panduan dalam proses penelusuran. menelusuri sebuah kasus kerusakan yang berhubungan dengan display pastinya yang harus diperiksa pertama kali adalah jalur pada konektor display itu sendiri.

Perhatikan gambar dibawah ini !

4-iphone-6

Gambar di atas adalah rangkaian skema konektor display iphone 6 yang akan di periksa.

2-iphone-6

Setelah ditelusuri dan di periksa, teknisi VTiga menemukan adanya putus jalur pada kaki (28) yang terhubung dengan IC display.

Perhatikan rangkaian skema U1501/ rangkaian skema IC Display berikut ini.

5-iphone-6

Gambar IC display.

iphone-6

Putusnya jalur tersebut menjadi satu-satunya penyebab hilangnya tampilan pada iphone. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memastikan apakah jalur yang terputus itu terletak pada PCB atau jalur yang putus tersebut terletak di rangkaian dalam IC Display.

Dengan menggunakan jurus andalan, teknisi VTiga dapat memastikan bahwa jalur yang yang putus bukanlah jalur yang berada pada PCB melainkan jalur yang terletak pada IC. Agar iPhone dapat kembali normal, eksekusi selanjutnya adalah mengganti IC display yang rusak.

Seperti itu-lah langkah perbaikan yang harus dilakukan apa bila mengalami kasus seperti ini.

” SEMOGA BERMANFAAT, SALAM TEKNISI”

DAPATKAN PROMO MENARIK
Nama
Nomor HP

Segera bergabung dengan Kami !
Kami JAMIN anda sampai BISA
Anda tidak bisa, UANG Kami KEMBALIKAN.
Caranya:
Tinggalkan nomor TELP anda di kolom komentar
Dapatkan Gratis power supply !!!
(terbatas untuk 10 peserta pertama)
V-TIGA Kursus Teknisi HP dan Laptop
Ruko Roxy Trade Centre
Jl. KH. Hasyim Ashari No. 233L, Jakarta
Hotline: 021-929-555-93 | 0812-8850-8878 |
0838-967575-28 | 0878-8332-7959 |
0858-8899-1173 |
088-11418-7353 | 0838-993-26127
.:: TIDAK ADA CABANG ::.