Tak bisa dipungkiri, di tanah air begitu banyak pengguna android. Dari sekian banyak ponsel android yang beredar, tidak semuanya menggunakan Chipset yang sama. Jika kita perhatikan, ada yang menggunakan Qualcomm, banyak pula yang menggunakan Intel, Exinos atau MTK sebagai Processor utamanya. Untuk segmen ponsel rakitan China yang berharga murah, kebanyakan menggunakan CPU MTK. Ponsel Android rakitan China ini sering bermasalah pada bagian Software-nya. Untuk memperbaiki kerusakan jenis ini, kita sangat membutuhkan alat perbaikan yang kita sebut sebagai box flasher. Ada beberapa box Flasher yang banyak digunakan saat ini, diantaranya Volcano, Riff Box dan Z3X Easy JTAG. Gambar di bawah adalah gambar box Flasher.

Berhubung harganya cukup mahal, sekitar 2 juta rupiah, banyak rekan-rekan teknisi yang tidak memiliki box tersebut. Bagaimana solusi jika kita tidak memiliki box flasher? Salah satunya adalah dengan menggunakan program SP Flash Tool yang bisa memperbaiki kerusakan software pada ponsel China tanpa box.

Setelah itu, kita tinggal membutuhkan Stock Rom (Program yang akan kita isi ke dalam memory ponsel) Terkadang saat kita sedang mencari Stock Rom perangkat yang memiliki CPU mediatek (MTK) yang didapat tidak selalu yang berbentuk Scatter tetapi terkadang kita juga mendapat File yang berbentuk BIN, Nah Stock Rom yang berbentuk BIN ini tidak bisa di flashing dengan menggunakan SP Flash Tool ( tools Untuk Flashing Perangkat Mediatek) hanya bisa di flash menggunakan Box Flasher Volcano. Oleh karenanya di sini kita akan membahas bagaimana cara Memecahkan Firmware yang berbentuk BIN menjadi Scatter, cara ini juga ampuh untuk kalian yang ingin membackup firmware tanpa me Rooting perangkat.