eMMC adalah singkatan dari kata Embedded Multi-Media Controller, sebuah media penyimpanan yang berkecepatan tinggi dan sebagai modul controller, dimana mendia penyimpanan dan modul controller itu terdapat dalam satu chip. Teknologi memang eMMC belum lama dikembangkan, sebelum menggunakan eMMC diperlukan controller khusus untuk membaca dan menulis data yang dikontrol dengan CPU dan di simpan dalam satu tempat sehingga kinerja CPU terkuras lebih banyak. Seiring perkembangan, kemungkinan penuhnya penyimpanan akan semakin penuh, dan ketika sudah penuh, kinerjanya sendiri akan semakin menurun.

Maka dari itu eMMC dikembangkan sebagai metode standar untuk building controller yang artinya pengontrolan penyimpanan dilakukan oleh eMMC itu sendiri, tidak mengandalkan dari CPU. Perlu kita ketahui di jaman yang sudah serba canggih ini penggunaan eMMC sudah marak digunakan khususnya pada Smartphone yang menggunakan Operasi Sistem Android.

Walaupun eMMC adalah teknologi baru tetap saja ada kekurangannya. Data yang tersimpan bisa saja rusak (hilang) saat itu kita harus mengisinya kembali. Ada beberapa cara untuk mengisi ulang data IC eMMC.