eMMC adalah singkatan dari kata Embedded Multi-Media Controller, sebuah media penyimpanan yang berkecepatan tinggi dan sebagai modul controller, dimana mendia penyimpanan dan modul controller itu terdapat dalam satu chip. Teknologi memang eMMC belum lama dikembangkan, sebelum menggunakan eMMC diperlukan controller khusus untuk membaca dan menulis data yang dikontrol dengan CPU dan di simpan dalam satu tempat sehingga kinerja CPU terkuras lebih banyak. Seiring perkembangan, kemungkinan penuhnya penyimpanan akan semakin penuh, dan ketika sudah penuh, kinerjanya sendiri akan semakin menurun.

Maka dari itu eMMC dikembangkan sebagai metode standar untuk building controller yang artinya pengontrolan penyimpanan dilakukan oleh eMMC itu sendiri, tidak mengandalkan dari CPU. Perlu kita ketahui di jaman yang sudah serba canggih ini penggunaan eMMC sudah marak digunakan khususnya pada Smartphone yang menggunakan Operasi Sistem Android.

Walaupun eMMC adalah teknologi baru tetap saja ada kekurangannya. Data yang tersimpan bisa saja rusak (hilang) saat itu kita harus mengisinya kembali. Ada beberapa cara untuk mengisi ulang data IC eMMC.

  1. Melalui program standar bawaan vendor.

  2. Melalui metode JTAG.

  3. Melalui akses langsung ke IC eMMC ( Direct eMMC)

Dari ketiga cara diatas, cara nomor tiga adalah cara yang sering digunakan saat ini. Apabila cara nomor satu dan dua tidak membuahkan hasil.

Bagaimana cara melakukan direct eMMC ? Kita harus menghubungkan beberapa pin IC ke alat program (yang sering digunakan saat ini adalah Ufi Box).

Apa saja Pin yang harus dihubungkan ? Berikut ini adalah penjelasannya.

IC eMMc yang berbentuk Chip ini memiliki 3 Package, yaitu :

  1. Package 169 atau Package 153

emmc-bga-169

Perhatikan gambar berikut ini :

Gambar berikut adalah pin out IC eMMC  Package 169 atau Package 153

emmc-bga-169-pin-out

  1. Package 162 atau Package 186 dan bentuk pin out-nya.

emmc-bga-162

emmc-bga-162-pin-out

  1. Package 221 dan bentuk pin out-nya.

emmc-bga-221

emmc-bga-221-pin-out

DAPATKAN PROMO MENARIK
Nama
Nomor HP