Memperbaiki handphone atau laptop tidak bisa anda lakukan dengan trik amatir, maksudnya : Asal bongkar handphone tanpa mengetahui letak komponen dan fungsinya, jika itu dilakukan akan menambah kerusakan pada handphone tersebut. Mengertilah, cara memperbaiki handphone dan laptop tidak bisa dikatakan mudah, tidak juga dikatakan sulit. Jadi bagaimanakah cara memperbaiki handphone dan laptop dengan benar ? Caranya, pahami dahulu dasarnya dan amati jenis kerusakannya. Sebagai dasar perbaikan, teknisi VTiga Traininng Center akan memberikan sebuah trik bongkar pasang pada Blackberry Q5.
Pada dasarnya untuk membongkar satu buah smartphone blackberry Q5, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu melepaskan tutup belakang ponsel terlebih dahulu.
Agar tidak terjadi kesalahan, VTiga menghibau untuk tidak melakukan pembongkaran dengan cara memaksa, Mengapa ? Karena dikhawatirkan casing akan pecah.
Perhatikan gambar disamping !! Gambar tersebut adalah tampilan BB Q5 setelah tutup casing belakang dilepaskan.
Jika proses pertama bekerja dengan baik, langkah selanjutnya yaitu melepaskan baut-baut yang mengikat antara board dengan casing.
Perhatikan gambar tersebut, pada gambar proses kedua sedang berjalan yaitu melepaskan semua baut yang mengunci casing dan board.
Perlu dipastikan, bahwa semua baut telah dilepaskan, jangan sampai ada baut yang tertinggal.
Nah !! Eksekusi berikutnya yaitu melepaskan konektor baterai dan mengangkat baterai tersebut. Caranya : Perhatikan tanda lingkaran merah pada gambar disamping, lingkaran tersebut menunjukan letak konektor baterai yang harus dilepaskan.
Apabila baterai sudah dilepaskan, tindakan selanjutnya ialah melepaskan flexible LCD dan Touchscreen seperti yang dilakukan pada gambar.  Jika semua flexible sudah dilepaskan, baru anda lakukan pengangkatan board.

– See more at: http://vtiga.com/2016/08/trik-bongkar-pasang-blackberry-q5/#sthash.mWh3OtjB.dpuf