VTiga Training Center Kursus Teknisi Handphone dan Laptop datang kembali dengan membawa sebuah informasi mengenai perbaikan handphone dan laptop. kali ini VTiga mendapatkan sebuah kasus kerusakan pada handphone Cross V5 yang mengalami kerusakan pada software-nya, bukan pada hardware.
Guys ! Seperti apakah proses perbaikan pada handphone Cross V5 ini? Mari simak bersama-sama eksekusi perbaikan yang dilakukan oleh salah seorang teknisi VTiga. Saat memperbaiki suatu handphone, ada baiknya kita cek dulu arus nya pada Power supply. Dengan kita melihat arus pada suatu HP otomatis akan membantu kita dalam menganalisa penyakitnya. Semisal pada perangkat ponsel Cross V5 ini, saat di cek arusnya tenyata tidaklah normal.
Dari hasil analisa, biasanya kita bisa menentukan apakah arus ini merupakan indikasi kerusakan software atau hardware. Setelah dilakukan pengamatan secara seksama, didapatlah memang masalah terdapat pada bagian software. Maka kita coba memperbaikinya menggunakan Volcano Box ( Box untuk flash perangkat-perangkat Hp china) jaman dulu
Ada beberapa hal yang harus kita ketahui dahulu sebelum melakukan flashing pada hp china, antara lain :
1. Ketahui dahulu cpu yang dimiliki hp china nya, untuk mengetahuinya bisa dengan mencari spesifikasi Hpnya atau kita bongkar.
NB : CPU pada Cross V5 ini sudah diketahui berjenis SPD ( spreadtrum) 6610
2. Ketahui Tombol Boot Cross V5 nya, tombol boot adalah tombol yang nanti nya di gunakan saat menghubungkan perangkat ke PC agar terdeteksi oleh PC
NB : Tombol Boot Cross V5 ini :
a. Tombol navigasi kiri + power
b. Tombol Pojok kiri atas
3. Cari Stock Rom atau Firmwarenya