VTiga Training Center Pelatihan Teknisi Handphone dan Laptop, datang kembali dengan membawa informasi mengenai trik dan cara mengatasi smartphone terkena air. Apa yang harus dikerjakan sewaktu ponsel anda tiba tiba terkena air. Apakah anda tahu ? Apakah anda pernah mengalami hal seperti ini ? Kebanyakan orang jika mengalami kasus seperti ini biasanya, mengeringkan smartphone menggunakan kipas atau menjemurnya dibawah terik matahari. Anda yakin cara tersebut bisa menormalkan kembali smartphone anda! Dalam dunia reparasi cara tersebut bukanlah cara yang paling tepat, mengapa? Karena sesungguhnya air yang masuk kedalam motherboard dapat menyebabkan korosi atau penjamuran pada motherboard.
Jadi apabila anda mendapatkan kasus smartphone terkena air, maka tindakan yang harus anda lakukan adaah sebagai berikut :
1. Bongkar terlebih dahulu
Terkadang setelah dibersihkan, ponsel bisa kembali normal. Tapi sering juga ponsel tidak bisa dinyalakan kebali. Kenapa? Karena air sudah menjadi karat sehingga menimbulkan arus kecil pada tiap –tiap komponen dan dapat menghambat kerja IC CPU.

2. Bersihkan bercak bekas karat pada kaleng IC atau pada IC-nya, agar tidak terjadi koslet pada arus di mainboard.
Seperti yang terjadi pada gambar dibawah ini, kaleng IC Nampak berkarat, itu disebabkan air pada maindboard.