Kisah kali ini berasal dari salah seorang costumer, yang datang ke-Counter salah seorang alumni VTiga Training Center. Sang alumni menerima Samsung Mega 2 mati total. Untuk mengetahui letak keruskan yang telah menjadi penyebab mati total pada smartphone, sang teknisi melakukan pengukuran dan penyusuran dengan menggunakan alat perbaikan multi terster serta dibantu pula dengan power supply.
Setelah usut di usut sang alumnipun berhasil menemukan factor permasalahnya, penyebab matinya smartphonr ini ialah rusaknya IC eMMC. Nah ! Bagaimanakah cara memperbaikinya ? Simaklah eksekusi yang dilakukan.
Dalam kasus seperti ini tentunya langkah awal yang dilakukan adalah membongkar casing terlebih dahulu, dan mengangkat montherboard. Setelah montherboard terpisah dari casing, barulah lakukan eksekusi pada IC eMMC yang rusak, angkat IC secara perlahan dengan bantuan alat pinset, flux, dan blower. Ingat jangan sampai panasnya blower merusak komponen lain.
Perhatikan gambar disamping !
Gambar tersebut adalah montherboard Samsung Mega 2 yang sudah diangkat IC eMMC-nya. Kemudian, apakah yang harus dilakukan ? Agar handphone dapat kembali normal, maka eksekusi selanjutnya yaitu melakukan percetakan pada IC eMMC yang baru. Setelah pencetakan dilakukan sesuai dengan aturan yang tepat, barulah pasang kembali IC eMMC ke montherboard.

– See more at: http://vtiga.com/2016/06/ganti-emmc-samsung-mega-2/#sthash.rEVGRN7h.dpuf