Apa itu flasher? Mari kita telusuri asal kata dari flasher. Asal katanya adalah Flash. Flash adalah nama sebuah piranti yang berfungsi untuk menyimpan data. Kalau dalam sebuah komputer, kita boleh umpamakan seperti harddisk. Gunanya ya tentu menyimpan data berupa perintah untuk menyalakan ponsel, maupun data data pengguna.
ic flash
Dikarenakan ic flash ini sering ditulis dan dihapus, tidak heran bila IC ini akan menjadi rusak. Yang sering terjadi adalah adanya data yang korup, atau hilang. Satu data hilang, daalam sebuah pemrograman sangatlah berarti. Ponsel bisa menjadi hang logo, bahkan mati total. Dan bila sudah terlalu lama dipakai, sebuah ic flash akan menjadi rusak secara fisik. Walau sistemnya tidak seperti harddisk yang memiliki piringan dan motor di dalamnya. Mungkin seperti kasus bad sector di harddisk. Apa yang harus kita lakukan?

Untuk kasus data yang korup, perlu sekali kita lakukan pemrograman ulang IC flash. Nah gunakan apa proses ini? Komputer jawabannya, boleh desktop ataupun laptop. Masalahnya adalah bahasa pemrograman dari komputer ataupun laptop tidaklah sama dengan pemrograman dari sebuah smartphone. Jadi bagaimana solusinya? Hadirkan penerjemah yang mengenal kedua bahasa tersebut. Penerjemah inilah yang kita sebut dengan flasher. Flasher kerap menjadi jembatan penghubung yang menghubungkan komputer dengan hp yang ingin diprogram ulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here