Apa saja sih alat service hp yang dibutuhkan oleh seorang teknisi? Apa benar butuh alat yang mahal untuk bisa service hp? Alat minimal apa sajakah yang diperlukan untuk memulai sebuah usaha service hp? Mari simak jawabannya di sini.

Service hp adalah satu profesi yang muncul di akhir abad 20  hingga kini. Sebuah profesi yang muncul ketika fenomena handphone merebak. Tak terbayangkan memang oleh para pendahulu kita, bila satu saat setiap orang bisa dihubungi di mana saja mereka berada. Mereka bisa saling berkomunikasi, berbicara, bahkan sekarang bisa saling melihat wajah. Benar benar satu akibat dari kemajuan jaman yang kita bisa rasakan sekarang.

Apakah alat itu? Handphonelah jawabannya. Penggunaan handphone yang sudah merakyat, bahkan sudah meluas pula membuat peredaran handphone begitu luar biasa. Fenomena ini tentu diikuti pula dengan meningkatnya ponsel yang rusak. Tidak sedikit pula barang ini menjadi rusak! Apakah dibuang? Tidak, jawabannya. Perlu seorang ahli yang bisa memperbaikinya.

Nah sang teknisi tersebut tidak bisa langsung bekerja tanpa adanya alat bantu tentunya. Apa saja alat itu? Sesungguhnya makin banyak alat yang dimiliki teknisi, makin mudah teknisi tersebut menganalisa kerusakan. Ibarat seorang dokter yang memiliki alat yang lengkap seperti rontgen ataupun USG, tentu lebih mudah untuk mendiagnosa penyakit para pasiennya. Namun tidaklah wajib seorang dokter memiliki alat selengkap itu, selain mahal, juga tidaklah efisien.

Beberapa alat wajib yang harus dimiliki seorang teknisi adalah

  1. Power supply. Ada dua jenis yakni power supply digital, dan power supply analog. Alat sederhana namun banyak gunanya apalagi dalam service hp.

alat service hp

2. Hot air gun.

Atau blower. Sering juga disebut solder uap adalah alat untuk memanaskan timah komponen komponen di hp agar komponennya bisa diangkat lalu diganti.

 

Alat Servis HP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here