VTiga Kursus Teknisi Handphone dan Laptop datang kembali untuk membahas dan berbagi tips perbaikan pada handphone dan laptop yang mengalami kerusakan. Kali ini VTiga akan membahas tetang trik perbaikan pada handphone samsung galaxy S3 mati total.
Bagaimanakah cara mengetahui letak kerusakannya ? Proses pemeriksaan di awali dengan mengecek arus menggunakan power supply. Kemudian apakah yang terjadi ? Pada saat handphone terhubung dengan power supply, arus naik ke 300mA dan turun kembali ke 0mA sebelum saklar ditekan, namun ketika saklar ditekan jarum ampere tidak bergerak. Mengetahui itu sang teknisi langsung membongkar handphone dan memeriksa IC power menggunakan power supply.
Setelah memeriksa IC power sang teknisi melanjutkan pemeriksaan ke komponen lain yang berada di sekitar IC Power. Sesudah ditelusuri satu-persatu komponen teknisi VTiga mencurigai salah satu kumparan L506.

Perhatikan gambar diatas! Terlihat jelas garis merah yang melintang antara IC Power, L506 dan C555. Ketika diperiksa pada kumparan L506 (jalur tegangan VMEM_1,2V_AP) konslet di ke-dua kutubnya.
Bagaimakah cara memperbaikinya ? Langkah pertama tentukan komponen di blok manakah yang mengalami konslet, dengan cara memutuskan jalur.
1. Angkat L506 (kumparan yang kedua kutubnya konslet)
2. Sesudah di angkat sang teknisi melakukan test point pada IC Power dan C555 (kapasitor yang terhubung dengan L506 dan IC Power),

Sebelum memeriksa IC Power, sang teknisi memeriksa kapasitor (C555) terlebih dahulu, dan setelah diperiksa kapasitor tidak bermasalah.
3. Karena kapasitor dalam kondisi normal, artinya IC Powerlah yang bermasalah, maka langkah selanjutnya yaitu mengganti IC power dan memasang kembali L506.
Seperti yang telah dilakukan pada gambar dibawah ini !

4. Setelah semua kumparan L506 terpasang dan IC Power sudah diganti, handphone samsung galaxy S3 akan kembali normal.

– See more at: http://vtiga.com/2015/11/trik-perbaikan-samsung-galaxy-s3-mati-total-2/#sthash.hbKJb42s.dpuf