VTiga Training Center Kursus Teknisi Handphone dan Laptop datang kembali dengan membawa sebuah informasi tentang trik-trik perbaikan pada handphone dan laptop. kali ini VTiga akan membahas tentang trik perbaikan pada handphone Xiaomi Mi4 sim card tidak terbaca.
Pencapaian Xiaomi dalam jagad smartphone sungguh fenomenal. Perusahaan asal China tersebut baru 3 tahun memproduksi Smartphone Android, namun mereka sudah berhasil menggebrag industri ini dengan karya luar biasa yang digemari seluruh orang di dunia. Salah satu smartphone terbaru buatan vendor negeri Tiongkok tersebut adalah Xiaomi Mi4.
Xiaomi Mi4 menjadi bagian penting dari tangga kesuksesan yang di raih Xiaomi. Ponsel ini juga membawa perubahan cukup signifikan dibandingkan Xiaomi Mi3 yang dirilis sebelumnya, karena Xiaomi Mi4 sudah dilengkapi spesifikasi sangat tinggi dan menggunakan sistem operasi Android terbaru yaitu Android Kitkat 4.4.4 yang di perkuat dengan user interface Miui V6.
Dari spesifikasi diatas dapat dimengerti bahwa Xiaomi Mi4 memiliki keunggulan yang cukup mumpuni dan tidak diragukan lagi.
Nah apa yang terjadi jika handphone Xiaomi Mi4 mengalami kerusakan ?
Seperti apakah proses perbaikannya ? Perhatikan gambar dibawah ini.

Sebelum memperbaiki konektor sim, pahami terlebih dahulu jalur pada konektor sim. Maka langkah selanjutnya ialah ? (Lihat gambar)

Konektor SIM Card Xiaomi Mi4 ada 6 buah kaki. Dan masing-masing kaki konektor mempunyai fungsi. Nah, ke enam kaki konektor SIM card tersebut adalah :
1. Volt SIM, ini berfungsi untuk memberikan tegangan kepada SIM Card agar dapat dibaca oleh Central Processing Unit HP (CPU HP).
2. SIM Clock, ini Berfungsi untuk setting.
3. SIM Reset. ini berfungsi untuk pengaturan reset SIM Card.
4. Ground / bodi hp.
5. Vcc.
6. SIM Data, ini berfungsi untuk membaca data SIM.
Nah setelah mengetahui fungsi tiap-tiap jalur pada konektor, proses selanjutnya yaitu memeriksa konektor sim Xiaomi Mi4. Lihat gambar berikut.

Hasil pemeriksaan sang teknisi menemukan adanya putus jalur pada tiap-tiap kaki konenktor sim handphone Xiaomi Mi4, teknisipun melakukan trik jumper pada kasus ini. Setelah jalur konektor sim di jumper, sang teknisi memeriksa kembali tiap jalur pada konektor (antisipasi masih adanya kurusakan).
Setelah dipastikan dan tidak ada lagi tanda kerusakan pada konektor, pasang kembali board dan casing yang dibongkar, pasangkan sim card dan nyalakan handphone, secara otomatis sim card akan dapat terbaca kembali.

– See more at: http://vtiga.com/2015/11/trik-jumper-sim-xiaomi-mi4/#sthash.jdshh7I4.dpuf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here