VTiga Kursus Teknisi Handphone dan laptop datang kembali dengan membawa sebuah informasi perbaikan pada handphone dan laptop. Kali ini VTiga akan membahas tentang solusi perbaikan camera Samsung Galaxy S-III yang mengalami kerusakan.
Kisah ini berawal dari seorang Admin VTiga yang memiliki Samsung Galaxy S-III, sang Admin sangatlah senang memotret dirinya, ditambah samsung galaxy s3 mempunyai kualitas gambar yang sangat baik. Sehingga sang admin tidak akan bosan untuk memotret dirinya dan mempostingkan hasil potret ke dunia maya seperti, facebook dan twiter, bahkan tidak hanya disitu, sang admin selalu mempost photo dirinya melalui gadget samsung miliknya dengan menggunakan aplikasi seperi BBM, path, beetalk, whatshap, we chat, line , dan Instagram. Melalui itu semua dia dapat membagikan photo dirinya dengan sesuka hati.

Namun, apa yang terjadi, apabila camera pada gadget mengalami kerusakan seperti pada gambar dibawah ini

Gambar diatas menunjukan bahwa kamera bermasalah, kesimpulan itu diungkapkan karena pada saat membuka menu dan menekan aplikasi kamera, layar pada handphone menunjukan, “ camera is not responding, would you like to close it ? wite or oke “ yang berarti “Kamera tidak merespons , Anda ingin menutupnya ? menunggu atau oke”.
Nah jika terjadi seperti ini, Apakah yang harus dilakukan ? Apakah anda pernah menemukan kasus serupa ? Jika tidak, lihatlah gambar dan keterangan dibawah ini.

Gambar diatas adalah skema camera konektor mipi, Didalam konektor ini terdapat 38 kaki konektor dan masing-masing kaki konektor tersebut memiliki jalur positif serta ground/negatif.
Setelah membuka jalur skema dan menelusuri tiap-tiap kaki konektor teknisi VTiga menemukan adanya tegangan yang drop. Seperti yang ada lihat pada gambar diatas , kaki konektor 16, mengalami drop.
Lalu apa yang harus dilakukan ? Dan bagaimanakah cara memeperbaikinya ?
Perhatikanlah gambar dibawah ini !

Setelah menelusuri lebih lanjut, teknisi VTiga berhasil menemukan letak komponen lain yang berpengaruh pada tegangan kaki konektor, komponen tersebut adalah U702 yaitu komponen yang mengirim arus listrik ke Cam_Af_2,8V ( kaki konektor 16 pada HDC701).

Gambar diatas adalah board samsung galaxy s3, perhatikan kaki konektor yang diberi garis berwarna merah, kaki konektor tersebutlah yang mengalami kerusakan.
Langkah selanjutnya adalah memeriksa komponen yang berpengaruh dengan kaki konektor 16 yang bermasalah yaitu memeriksa komponen U702. Saat diperiksa ternyata komponen U702 hanya mengeluarkan tegangan 1,8 V , sedangkan tegangan yang normal sebesar 2,8 V. mengetahui itu teknisi VTiga menyimpulkan bahwa komponen U702 bermasalah.
Lalu tindakan apakah yang akan dilakukan teknisi VTiga ? Perhatikan gambar dibawah ini.

Sang teknisi langsung mengganti komponen U702 tersebut, sehabis komponen diganti sang teknisi kembali mengecek arus menggunakan multi tester analog, dan hasilnya tegangan pada kaki konektor 16 HDC701kembali normal, dan kamera dapat digunakan kembali.

– See more at: http://vtiga.com/2015/11/solusi-perbaikan-gadget-samsung-galaxy-samsung-s-iii-camera-bermasalah/#sthash.YCZAlR3s.dpuf