VTiga Kursus Teknisi Hp dan Laptop akan selalu hadir membawa sebuah informasi mengenai perbaikan pada handphone dan laptop. Kali ini VTiga Kursus Hp dan Laptop akan membahas tentang perbaikan pada smartphone Samsung Galaxy note II yang mengalami mati total. Dalam kasus yang terjadi, kali ini berawal dari seorang alumni VTiga Kursus Teknisi Hp dan Laptop yang datang kembali ke VTiga dengan membawa satu buah smartphone android Samsung galaxy note 2 dalam kondisi mati total. Sang alumni menemui salah seorang guru teknisi yang pernah mendidiknya selama dia mengikuti Kursus teknisi di VTiga, sang teknisi tersebut meminta agar sang guru mau mengajarinya memecah kasus yang dibawanya.
Perhatikan gambar dibawah ini !

Gambar disamping adalah sosok seorang alumni yang sedang melakukan perbaikan pada Samsung galaxy note II yang dibawanya. Sudah jadi aturan tetap di VTiga Training Center, seorang alumni diperbolehkan datang kembali ke VTiga untuk konsultasi pada setiap guru-guru teknisi yang ada. Serta disediakan ruangan khusus yang disebut ruang alumni, untuk menyelesaikan kasus yang dibawanya. Nah ! Seperti apakah langkah perbaikannya ? perhatikanlah gambar dibawah ini !

Langkah awal yang dilakukan adalah membongkar handphone terlebih dahulu. Jika dilihat dalam gambar, tidak ada kekurangan sedikitpun, semua komponen berada pada tempatnya dengan kokoh dan benar. Akan tetapi letak komponen yang berada tepat pada tempatnya tidaklah dijadikan jaminan bahwa handphone baik-baik saja.

Perhatikan gambar disamping ! Untuk mengetahui apakah handphone bermasalah atau tidaknya, Jawabannya adalah dengan melakukan pemeriksaan pergerakan arus atau konsumsi listrik yang dapat dilihat dari jarum ampere POWER SUPPLY dan penelusuran pada komponen. pada kasus samsung galaxy note 2 saat dihubungkan dengan POWER SUPPLY, konsumsi listriknya (pergerakan jarum ampere) menunjukan kerusakan ada pada eMMC. hal ini diperkuat sewaktu pemeriksaan dengan software dan pengecekan komponen.

hasilnya dapat anda lihat pada gambar disamping ! Setelah diperiksa, tidak hanya arus dan tegangan yang bermasalah. Guru teknisi VTiga menduga adanya komponen yang rusak, sehingga berpengaruh pada arus dan tegangan.
Bagaimanakah cara mengetahui letak kerusakannya ? Jawabannya adalah melakukan penelusuran pada setiap komponen, seperti yang sudah dijelaskan tadi.
Pada kasus Samsung galaxy NOTE 2 ini, sang alumni melakukan pemeriksaan pada komponen dengan seteliti mungkin.

Dengan mengeluarkan beberapa jurus yang telah diajarkan, Sang alumni meyakini bahwa kerusakan terletak pada IC eMMC. Dan sebagai pembuktian dari keyakinannya, sang alumni melakukan penggantian pada IC eMMC.

– See more at: http://vtiga.com/2015/11/cara-jitu-perbaikan-kerusakan-emmc/#sthash.X6n0DzrN.dpuf