VTIGA TRAINING CENTER Pusat Pelatihan Reparasi Hp dan Laptop datang kembali dengan tema yang sedikit berbeda. Kali ini artikel perbaikan pada hp dan laptop datang dari alumni VTIGA TRAINING CENTER. Sudah menjadi peraturan tak tertulis seorang alumni dapat berkonsultasi kembali dengan guru VTIGA. Kasus ini membahas tentang kerusakan IC Audia pada blackberry, IC Audio adalah pengelola data, memperkuat getaran gelombang suara dan memperkuat sinyal audio digital serta menyalurkannya ke IC POWER
Nah ! Awalnya sang alumni menjalani kegiatan seperti biasa di counter service miliknya, Datanglah seorang customer membawa BB Onyx 2 dalam kondisi mati. Sang cutomer menceritakan asal muasal handphone tersebut mati, “ handphone ini hidup normal sepert biasanya, namun pada saat saya pasangkan ke speaker aktif untuk mendengarkan musik , tiba-tiba handphone lowbat kemudian mati, setelah saya charge handphone tetap tidak mau menyala” cerita customer.

Sang teknisi langsung menyanggupi untuk memperbaikinya dan langsung memeriksa handphone tersebut. Trik seperti apakah yang dilakukan sang alumni ? Apakah alumni dapat menyelesaikannya ? Disinilah alasan sang murid datang kembali ke VTIGA untuk konsultasi pada sang guru.
Awalnya sang alumni sudah memeriksa dan mencoba memperbaikinya, akan tetapi handphone tetap tidak dapat kembali dengan normal, akhirnya sang alumni membawa handphone tersebut ke VTIGA.
Setelah konsultasi dengan guru VTIGA handphone dapat kembali normal. Wah! cara apakah yang digunakan dalam memperbaiki kasus ini? Simaklah keterangan dibawah ini.
Seperti biasa,dalam melakukan langkah perbaikan, yaitu memeriksa arus/ tegangan pada mesin handphone tersebut. Setelah diperiksa ternyata memang terjadi konslet yang cukup besar. Pengecekan berlanjut ke IC, karena acap kali terjadinya konslet selalu berasal dari IC.

Perhatikan gambar dibawah ini !

Gambar diatas adalah skema IC POWER dari handphone BB onyx 2. Sang alumni melakukan pemeriksaan dengan membaca skema, agar tidak terjadi kesalahan. Setelah melalui beberapa pemeriksaan pada jalur, ternyata IC power dalam keadaan baik-baik saja. Sang alumni langsung berpindah haluan ke IC Audio. Setelah diamati barulah ditemukan letak kerusakannya. Sang alumni langsung mengganti IC tersebut, sesudah diganti handphone kembali dengan normal.

– See more at: http://vtiga.com/2015/10/trik-reparasi-pada-ic-audio-blackberry/#sthash.JNHhMcrN.dpuf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here