VTiga Kursus Teknisi Hp dan Laptop datang kembali untuk berbagi informasi perbaikan pada handphone dan laptop. Kali ini VTiga akan berbagi informasi perbaikan tentang handphone blackberry belagio yang mengalami mati total. Dalam kasus yang dialami blackberry belagio ini awalnya si handphone dalam keadaan hidup dan normal, namun terjadi kesalahan dari sang pengguna yang sembarangan menyimpan dan membawa blackberry belagio ini, sehingga pada saat sedang dimainkan blackberry belagio terjatuh dan tercebur ke dalam air.
Sang pengguna langsung panik dan bergegas mengambil handphone yang sudah terendam dalam air tersebut, ketika handphone diangkat, sang pengguna mencoba menekan saklar on/off untuk menghidupkan handphone tersebut, dan ternyata blackberry belagio tidak dapat dihidupkan.

Perhatikan gambar dibawah ini !

Gambar diatas adalah montherboard blackberry belagio, setelah mencoba menghidupkan handphone secara berulang kali dan BB belagio tetap tidak dapat menyala, sang pengguna membawanya ke VTiga Training Center dan menemui salah seorang teknisi VTiga.
Setelah mendengarkan kejelasan dari sang pengguna, sang teknisi langsung membongkar blackberry belagio tersebut. Sesudah dibongkar barulah sang teknisi melakukan pemeriksaan pada arus dan tegangan.

Perhatikan gambar dibawah ini ! jarum ampere tidak bergerak sama sekali.

Setelah diperiksa arus dan tegangan tidak masuk pada montherboard blackberry belagio.
Nah ! Apakah yang menyebabkan BB belagio tidak ada arus dan tidak dapat menyala ? Apakah anda mengetahuinya ? Jika tidak simak dan cermatilah tulisan berikut ini.
Hilangnya arus dapat diakibatkan karena kondisi handphone yang sedang menyala tiba-tiba terjatuh dan terendam air.
Lalu apakah yang harus dilakukan ? Dalam kasus ini, Teknisi VTiga melakukan pengecekan dengan menggunakan multi tester. Diawali memeriksa pada bagian jalur supply listriknya, sang Teknisi berlanjut menelusuri tiap-tiap komponen pada montherboard blackberry belagio. Karena sambungan jalur listrik dari ponsel tersebut ternyata dalam kondisi baik, pemeriksaan dilanjutkan ke bagian Chipset utamanya. Dari hasil pemeriksaan, didapat bahwa kerusakan ada di bagian IC Powernya.

Perhatikan gambar berikut ini !

Gambar diatas menjelaskan, bahwa letak kerusakan berada pada IC Power. Untuk menyelesaikan kasus ini sang teknisis melakukan angkat, cetak dan pasang pada IC Power. Apabila sedang mencetak IC, lakukanlah dengan penuh kesabaran.
Setelah proses cetak IC sudah selesai, maka pasang kembali IC dengan perlahan dan hati-hati.setelah IC terpasang, nyalakan handphone dan ternyata handphone tetap tidak mau menyala.
Wah ! apa yang harus dilakukan ? Banyak solusi dalam melakukan kasus seperti ini yaitu salah satunya adalah mengganti IC Power yang rusak.

Perhatikan gambar dibawah ini

Gambar diatas adalah bukti nyata bahwa handphone belagio dapat kembali hidup dengan normal setelah dilakukan penggantian IC Power.

– See more at: http://vtiga.com/2015/10/trik-perbaikan-blackberry-belagio-mati-total/#sthash.ZOpgZIhn.dpuf