tABLET

Setelah era ponsel murah mewabah di Indonesia, kini, tablet buatan China seakan tidak mau kalah. Dengan harga yang jauh lebih murah dan sangat terjangkau oleh banyak kalangan masyarakat, tablet murah ini menawarkan fitur-fitur yang tidak kalah dengan tablet kelas atas. Berhubung tablet ini banyak dipakai oleh anak-anak untuk bermain, tidak heran angka kerusakan tablet lebih tinggi dibanding ponsel. Belakangan ini sudah mulai banyak permintaan dari para peserta pelatihan yang meminta adanya pelajaran tentang cara perbaikan tablet China ini. Untuk menjawab permintaan rekan-rekan untuk membahas tablet China, VTIGA kursus perbaikan ponsel, tablet dan laptop, akan membedah sebuah tablet keluaran pabrikan lokal yang cukup banyak di pasaran.
A. IC Power IC yang umum ada di sebuah barang elektronik yang tidak lain berfungsi mendistribusikan tegangan ke bagian bagian dari sebuah tablet. IC yang memiliki 48 pin ini merupakan jantung dari tablet. Jika terjadi “Gagal Jantung” tidak mustahil tablet mengalami gangguan. Mulai dari yang tidak terlalu fatal seperti gangguan boros batere, suka mati sendiri, tidak adanya sinyal, hingga yang berdampak sangat fatal seperti mati total.
B. IC RAM Random Access Memory adalah memory sementara yang dipakai di tablet. IC ini sangatlah berperan penting dalam proses bekerjanya sebuah tablet. Ketidak normalan IC Ram tidaklah boleh dianggap sebelah mata. Kebanyakan gejala yang diakibatkan adalah tablet menjadi mati total
C. IC Flash Merupakan IC yang sangat berperan penting saat proses boot pada tablet. Jika IC ini bermasalah atau data yang terkandung di dalamnya rusak, tablet akan mati total. Ada dua jenis kerusakan pada IC flash ini. Yang pertama, kerusakan software. Cara perbaikannya tentu dengan diprogram ulang. Yang kedua adalah kerusakan hardware. Tidak ada cara lain untuk memperbaikinya, selain mengganti sang IC.
D. Prosesor Ini merupakan otak dari tablet. Fungsinya cukup banyak, mulai dari menyalakan tabl, et, menampilkan gambar, mengatur bagian RF, mengeluarkan suara, mengolah sinyal yang datang dari ic audio, dan masih banyak lagi. Jadi gejalanya bila IC ini rusak sangatlah beragam. Mulai dari mati total, tidak ada sinyal, sering hang, tombol tidak berfungsi, wifi bermasalah dan lain lain.
E. Konektor LCD Adalah penghubung modul LCD dengan board. Berupa socket yang bisa dilepas pasang dengan mudah. Terkadang jika terjadi benturan yang keras, akan mengakibatkan lepasnya LCD dari konektornya. Gejala yang bisa dilihat adalah LCD yang tidak normal, seperti LCD blank, atau gangguan pada LCD.
F. RF Modul Salah satu perbedaan menyolok antara tablet dengan sebuah ponsel adalah pada modul RF nya. Sistem RFsebuah tablet kini sudah banyak yang menggunakan modul tersendiri dan terpisah. Ini merupakan satu kelebihan sekaligus satu kelemahan juga. Sebab jika terjadi masalah pada bagian RF, langkah seorang teknisi sangatlah sederhana, cukup mengganti modulnya saja. Nah di sisi lain, yang menjadi kelemahan dari sistem ini adalah proses penggantiannya yang cukup sulit, karena tidaklah cukup hanya dengan bermodalkan hot air gun yang umum dipakai.
G. Konektor Batere Merupakan tempat titik terhubungnya batere dengan board. Dikarenakan bentuknya yang berada di dalam, acap kali batere hanya dihubungkan dengan kabel yang disolder ke board. Jika bermasalah koneksinya, tentu akan mengakibatkan tablet menjadi mati total
H. Konektor antena Wifi Konektor ini adalah tempat keluarnya signal radio frequency wifi. Antena wifi dihubungkan dengan sebuah kabel yang tersolder di konektor wifi. Jika terputus akan mengganggu sistem wifi.
I. IC wifi prosesor IC wifi ini adalah ic yang memproses transmisi data via wifi. Dikarenakan penggunaan wifi pada tablet adalah hal yang sering dilakukan, maka tidak heran jika masalah pada ic ini bisa lebih sering terjadi. Gejala yang bisa dilihat bila IC ini bermasalah adalah tidak berfungsinya wifi.
J. Konektor antena Bluetooth Hampir mirip dengan konektor wifi, konektor inipun disolder untuk dihubungkan dengan antena bluetooth. Jika putus, bluetooth akan terganggu, jangkauannya akan menyusut.
K. IC bluetooth prosesor IC permroses rangkaian bluetooth ini bertanggung jawab sepenuhnya dengan bagian bluetooth. Jika pengguna hendak mentransfer data via bluetooth, IC inilah yang mengatur semuanya. Mulai dari bagian radionya hingga bagian logicnya. Tentu saja jika IC ini “Mogok Kerja”, bluetooth tidak berfungsi sama sekali.

– See more at: http://vtiga.com/2015/09/kumpas-tuntas-komponen-tablet-china/#sthash.qQ5ppwHt.dpuf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here