Ditengah ketatnya persaingan perebutan pasar smartphone, akhir-akhir ini BlackBerry mulai keteteran. Namun demikian, masih cukup banyak juga pengguna yang tetap setia dengan smartphone besutan RIM ini. Karena jumlah ponsel yang beredar sebanding dengan jumlah yang rusak. Tak heran jika kita melongok ke gerai-gerai perbaikan, banyak dari ponsel tersebut, merupakan ponsel BlackBerry.

Seperti yang dibawa oleh seorang murid dalam pelajaran studi kasus. Sang empunya mengaku kalo ponsel BlackBerry Davis-nya pernah tercebur di kolam, dan jadi mati total. Setelah dicoba perbaiki, kerusakan tidak kunjung betul. Keluh si murid “Saya sudah coba mengganti IC powernya beberapa kali, namun arusnya tetap kecil juga. Tegangan output IC power pun masih kurang dari yang normal. Apa lagi yang harus kita kerjakan ya pak?”

Akhirnya bersama-sama dengan sang murid, kami memperbaiki ponsel tersebut sampai selesai.Pada artikel kali ini VTIGA hendak membahas trik-trik cara perbaikan ponsel BlackBerry Davis yang mati total. Untuk lebih jelasnya pertama-tama kita lihat cuplikan skema IC power