Walaupun secara global pengguna BlackBerry menurun dibandingkan tahun sebelumnya, namun hal ini tidak terjadi di tanah air. Kecenderungannya, pengguna BlackBerry malah bertambah pesat. Hal ini tidak bisa dipisahkan dari budaya masyarakat kita yang memang gemar bersosialisasi dan mudah terbawa arus trend.
Kenaikan jumlah pengguna ponsel BlackBerry ini jelas memberikan berkah tersendiri kepada rekan-rekan teknisi di nusantara. Setelah sebelumnya dibanjiri oleh ponsel china yang relatif berharga murah, gelombang besar ponsel-ponsel BlackBerry yang mengantri untuk diperbaiki jelas memberikan angin segar. Tentu saja, ongkos kerjanya pun pasti jauh lebih tinggi dibanding ponsel buatan China.
Pada edisi kali ini, VTIGA Kursus HP dan Laptop akan membahas bagaimana cara memperbaiki ponsel BlackBerry Onyx 9700 yang mati total.
Kembali ke kasus yang dibawa si murid. Pertama, perlu dilihat pemakaian arusnya. Saat diperiksa, arus listrik masuk ke ponsel saat tegangan lebih dari 3 volt diberikan di konektor batere. Konsumsi arus kurang lebih 20mA.